Senin, 08 Juli 2013

3 Years Journey

Assalamu'alaikum :)

Yoow, Blogs!
Lama sekali gue gak ke sini.
Maap yak, maklum tiket kereta menjelang lebaran udah abis -__-. Hubungannya? Simbiosis kurkumaplus -__-. Ah ngawur banget.
Apa kabar nih kalian? Baik kan? Semoga baik yaa..
Sebelumnya gue mau ngucapin selamat buat yg keterima SBMPTN dan yg lolos OSN :D
Selamat menempuh hidup baru :')

Gue nggak lolos SBMPTN loh. Well, wajar sih. Apa yg bisa diharapkan dari orang yg cuma belajar TPA? Cuma keberuntungan. Gue gak terlalu sedih buat SBM soalnya udah diterima di UPN Jogja. Lumayanlaah. Perlu gue ceritain perjuangan gue dapetin itu? Kapan-kapan aja ya. Lagi gak pengen.
Oke, kita mulai masuk topik.

Kali ini gue mau cerita masa-masa SMA. Agak telat sih memang, tapi kalian pasti tetep baca kan? Udah ngaku aja ;) *mata kedip* *kelilipan*
Ayo mulai!



Orang bilang masa SMA itu masa paling indah. Bener gak? Relatif sih. Buat gue? Simak dulu pengalaman gue berikut ini.

Semenjak lulus SMP, satu-satunya SMA yang pernah gue datengin cuma Nipam. Sumpah gak boong -_-. Actually, gue gak terlalu mikirin dapet SMA dimana. Jadi ya sedapetnya aja. Dan, Alhamdulillah, gue dapet di Nipam. Seneng? Biasa aja sih.

Gue nanya ke beberapa kakak kelas yg masuk Nipam. Katanya di sini tuh susah buat dapet nilai bagus. Standarnya tinggi. Saingannya banyak. Ya begitulah. Gue pun tertantang untuk membuktikan. Sesusah apa sih belajar di Nipam?

Gue mulai kehidupan SMA dari materikulasi di kelas X.2. Beberapa hari sebelum masuk SMA, gue udah ngulang materi UN SMP. Kata Urf itu buat pemanasan otak akibat liburan. Biasanya sih seminggu sebelum masuk gue udah mulai belajar. Gue menyebut metode ini Tugas Pembalik. Logikanya begini, murid-murid sekolah kalo abis liburan itu pasti masih males. Otaknya belom siap. Jadi ibaratnya gue memanfaatkan keadaan itu buat nyuri start. Alhasil, materikulasi gue lumayan bagus.

Oiya, lo harus tau. sebelum masuk SMA gue sering googling "cara mudah berteman". Aslinya ini agak menyedihkan tapi ya begitu. Gue temukan beberapa cara: SKSD, jadi pintar, aktif di organisasi. Gue pilih jadi pintar agar bisa diandalkan. Ini jadi tujuan awal gue untuk belajar giat.

Waktu kelas X gue pernah sakit demam berdarah. Gara-garanya digigit nyamuk -_-. Pengen gue gigit balik deh nyamuknya biar demam juga. Demam berdarah itu juga karena kondisi gue lagi ngedrop. Tau gak kenapa? Gara-gara "Breaking the seal". Waktu itu selesai Ramadhan. Gue lagi giat-giatnya ibadah sama ngerjain tugas sekolah. Gua bisa ngerjain 4 tugas dalam sehari. Walaupun tenggang waktunya masih berminggu-minggu, gue selesaikan di hari tugas itu dikasih. Capek? Banget. Tapi waktu itu gue mau ngelampauin batasan gue sendiri. Mau gunain kemampuan tanpa batas. Untuk itu gue belajar super giat. Kemampuan gue ningkat tapi badan gue gak kuat. Jadi ngedrop deh.
Selengkapnya tentang itu ada di postingan 2010. Itu sebenarnya ada beberapa yang lebay banget. Tapi ya... biarin ajalah. silakan dibaca.

Kehidupan di kelas X gue berlanjut dengan berbagai tugas dan ulangan biasa. Gue coba membuktikan kata-kata kakak kelas yg bilang belajar di SMA itu susah. Kenyataannya? Buat gue gak sesulit itu. Gue bisa mengimbangi nilai  pelajaran dengan baik. Gue tau kemampuan setiap orang itu berbeda. Mungkin kemampuan beberapa dari kalian ada yg di bidang non-akademis. Kalau gue sih di akademis. Entah gimana dengan kakak kelas itu. Tapi kenyataannya di SMA emang gak sesulit itu kok. Asal rajin dan peduli sama diri sendiri.

Di kelas X juga ada konflik. Bukan tentang gue sih. Ini tentang teman-teman yg cabut terus dilaporin sama temen yg lain. Akhirnya yg ngelaporin itu dibully. Gak tega sih tapi gue gak mau ikut campur. Disini gue mulai ngerti kerasnya hidup di SMA.

Naik ke kelas XI, gue masuk Ipa 2. Awalnya nyasar di Ipa 4 dulu. Seminggu di ipa 4, gue ketemu orang-orang yang aktif ngerjain soal dari guru. Mereka berani maju tanpa takut salah. Berani nanya.  Gak peduli diketawain kalau salah, yang penting mereka ngerti. Sebagai kaum minoritas, gue gak akrab sama mereka tapi gue suka cara mereka belajar aktif gitu. Cara itu gue terapin di ipa 2. Gue jadi sering nanya ke guru kalau belom ngerti. Sering aktif ngejawab juga. Cuma dikit yang begitu. Ipa 2 itu pasrah banget sih kalo ditanya "udah ngerti belum?" sama guru -_-. Mereka jawab "ngerti" supaya biar cepet selesai doang. Padahal mah belom ngerti banget. Sama kayak gue dulu di SMP. Pasif. Tapi semenjak SMA, misalnya gak ngerti pasti gue nanya. Kadang juga  cuma ngetes doang nanyanya. Itu buat nilai tambah. Banyak yg bilang pertanyaan gue itu susah, padahal mah.... biasanya gue cuma ngeledek -_-. Tapi pada takut duluan kalo gue nanya. Karena kondisi seperti ini, gue bisa melesat lebih jauh dari temen-temen yg lain. Gue bisa dapet nilai tambah dan jadi lebih paham pelajaran. hohoho.

Di XI Ipa 2 gue dapet walikelas yang... super-duper-kilo-mega-giga-tera-ultra amat sangat baik dan rajin sekali!!! *Hoek -_____-. Bohong deng. Ganti kata "baik" dengan "ngeselin" dan kata "rajin" dengan "malas" *ditimpuk LKS pkn* *timpuk balik pake obeng* -____-.
Iya, jadi WK kelas XI itu.... ah gue gak mau cerita. Entar Blog gue tercemar -_-. Gue ceritain teman-temannya aja ya?
XI ipa 2 itu gabungan x.2 dan x.1
Berisikan 36 orang. Rame ya? Lumayan dibandingkan kelas lain yg cuma sekitar 30an. Kelas ipa 2 ini rusuh. Tapi sering jalan-jalan. Ini seru loh. Kami udah pergi ke baaaaaaaaaanyak tempat. Yg gue inget cuma ke ragunan sama pulau pari doang -__-. Udah baca kan postingannya? Itu loh "Ragunan, here we go!!" sama "ex-Pari-on". Yang ada bagian gue berenang di banjiran ragunan-_-.  Baca  gih kalau mau tau. Cari sendiri ya.

Di kelas XI ini gue juga ikut olim loh. Ini pengalaman super berharga selama di SMA. Gak perlu gue bahas ya.

Kelas XI ini juga masa paling nyantai. Di sini masa dimana siswa mulai terbiasa dengan kehidupan SMA dan belum terlalu mikirin ujian nasional. Jadi mungkin masih pada males untuk serius. Blogs, lagi-lagi kondisi ini gue manfaatin. Mumpung kelas XI ini masih pada males dan belom berani aktif, gue mulai belajar serius. Gak terlalu serius kayak kelas X sih, tapi ya lumayanlah. Gue lebih aktif nanya dan jawab pertanyaan buat nilai tambah aja kayak yang tadi gue sebutkan. Dengan begini gue juga jadi lebih paham pelajaran di saat orang lain belum mau paham.

Lalu beranjak ke kelas XII. Teman-teman gue masih sama. Bosen? Nggak dong. Mereka asik kok. 
Di kelas XII ini, jumlah siswa kelas gue ngurang 1. Kenapa berkurang, dit? karena adanya kanibalisme -__-. Nggak deng. Dia pindah ke jogja. Dengan begini kelas gue tinggal... 35 orang. Jadi 36,5 kalo ditambah WK kelas XII -___-.
WK gue di kelas XII ini adalah WK dari X.1. Lebih asik dari WK kelas XI yang superduperkilomegagigaultratera sangat baik sekali dan amat sangat rajin itu O:) *hoeeeeek*. Asli gue mual nulis ini -_-.
Ya pokoknya WK kelas XII ini asik deh. Guru-guru bidang studi di kelas XII juga lebih baik dari kelas XI. Kebanyakan sih santai banget ngajarnya. Tapi gapapa, gue juga lebih suka begini.
Awal masuk kelas XII ini... gue agak kecewa. Kenapa? Udah gue bahas di Downsanian. Ini gak perlu gue ulang.

Hari-hari di kelas XII pun berlanjut dengan tugas yg banyak banget. Belum lagi ditambah ujian sekolah, praktik, dan ujian nasional. Takut? Lo pikir gue siapa? Gue gak perlu takut beginian. Mental gue udah terasah.

Selama SMA, dari kelas X sampai XII, banyak guru yang udah ngasih tau pola pikirnya. Ngasih tau cara ngatasin berbagai masalah yang pernah mereka alami. Kadang mereka juga ngasih motivasi supaya pola pikir kita jadi lebih dewasa. Tapi, Blogs, sebelum mereka jelasin, gue pun udah punya pola pikir juga dong. Dan kalian tau? Sebagian besar pola pikir gue itu sama dengan guru-guru itu. Pola pikir gue ibarat gabungan dari pola pikir mereka. Misalnya tentang tugas pembalik, lebih aktif dan sejenisnya. Gue udah nerapin itu duluan sebelum dikasih tau. Ini keren loh. Berasa jadi lebih dewasa.

Terus ada GTC juga. Program untuk mengenal dunia kuliah gitu. Gue belom cerita ya? Males ah. Lupakan saja. Anggap aja ini seru.
Masuk semester terakhir SMA gue makin sibuk. Karena ujian-ujian itu. Paling ngerepotin itu ujian praktik. Terutama seni budaya. Disuruh nari. Kelompok gue dapet tarian Belanda. Mungkin ujiannya sendiri sebenernya gak terlalu susah, yg susahnya itu ngatur anggota kelompok. Ngatur jadwal dan tempat buat latihan. Kalo dapet anggota yg gampang diatur sih enak. Anggota gue ada yg susah diatur. Ini ngeselin. Ngelatih kesabaran banget. Untunglah akhirnya kami sukses ujian praktik ini. Ujian praktik lain lebih gampang. Jadi ya lumayanlah.

Setelah ujian praktik dan sekolah beres, tibalah untuk ujian nasional.
Dikabarkan ada 20 paket. Bodoamat sih. Kebanyakan siswa mulai stres karena ini. Karenanya pihak sekolah ngasih pemantapan materi. Jadi kami masuk lebih pagi buat belajar pelajaran UN. Doesn't really matter for me. Selain pemantapan, ada juga try out 3 kali. Nilai awal gue ancur tapi semakin baik pas di try out ke 3.Alhamdulillah yap.

Lalu UN pun dimulai. Tanggal berapa sih? Gue lupa -_-
Males liat kalender. Gue tebak aja deh, 15 April ya? Bener kan? Iya kan? Iya dong? Udah iyain ajaaa barusan gue liat kartu UN gue kok -_-.

Seminggu sebelum UN itu minggu tenang. Kalo murid lain mungkin lagi sibuk ngulang materi. Kalo gue... sibuk nyiapin backsound. Ini biar lebih semangat dan jadi lebih epic buat menghadapi UN. Best moment ngerjain UN itu.... MTK. Salah satu pelajaran yg ditakuti. Gue sih lebih takut kimia -_-. Di MTK gue bisa pake adrenalin rush. Ditambah backsoundnya Stereophony - It's a wild world. Dengerin deh. Asli seru.

Setelah UN, gue sibuk nyari kuliah. Ada SNMPTN Undangan. Gue gak dapet. Ini bikin ngedown banget-bangetan. Udah tau kan gimana hancurnya hati gue gara-gara ini? Hati gue hancur! Hancur berkeping-keping! Hati gue... tidak bisa utuh lagi... kenapa? karena salah satu kepingannya dipakai buat main batu tujuh sama anak komplek
-_______-.
Gue nggak nyangka hasilnya begitu. Kecewa banget. Rasanya gue mau nendang perahu sampai  perahunya jadi gunung -_-.

Setelah gak keterima SNMPTN undangan, gue nyari backingan dulu. Arsitektur ITI sama Geologi UPN. Gue belum liat pengumuman di ITI. Males. Udah keterima UPN soalnya. Dengan punya cadangan ini gue gak terlalu khawatir dengan SBMPTN. Mau diterima atau tidak, gue tetap pilih Upn. Dengan diterimanya gue di UPN, berarti kehidupan SMA gue berakhir dan siap melanjutkan ke masa kuliah. Kalo di game online sekarang gue udah lewat level 99 dan ngulang jadi level 1 lagi. Tapi nanti bisa punya kemampuan lebih banyak dari sebelumnya.

Baiklah. Masa SMA gue secara keseluruhan.... Menyenangkan. Gue belajar banyak hal. Kalian juga pasti begitu. Walau pun agaknya gue terlalu serius belajar, gue tetep senang. Itu jadi cara gue menghabiskan waktu di SMA. Masa SMA jadi masa yang paling indah.. untuk saat ini. Entah bagaimana kedepannya. We will see..!

Oke, Blogs, itu masa SMA gue yg udah dirangkum. Sebenarnya ada banyak hal lain tentang SMA. Tentang GTC, tentang study tour, tentang guru-guru, teman-teman dan pengalaman keren lainnya. Tapi nanti post ini jadi terlalu panjang. Jadi gak usah ya? Maaf :)


Terus sebelum gue tutup, ada yg mau gue umumin.

Pengumuman! 
Gue mau ngadain voting tentang cerpen gue. Sejenis award gitu.
Bagi kalian yang udah baca dan mau ikutan, silakan hubungi gue via sms, mention, DM, atau apaan kek gitu -_-.
Nominasinya dari seluruh cerpen gue. Termasuk yang baru nanti.
Ini kategorinya:
1. Cerpen dengan jalan cerita terbaik.
2. Pasangan terfavorit
3. Tokoh terbaik (cewek atau cowok)
4. Ending terbaik.

Udah itu aja. Bagi yang udah baca cerpen gue, diharap ikutan. Gue tunggu sampai.... seminggu setelah cerpen terbaru gue. Jadi ada waktu buat kalian baca ulang cerpen yang dulu-dulu. Oke, itu aja pengumumannya. Ikut yaa ;) *kedip-kedip* *kelilipan lagi* -___-

udah ya?

selamat siang, blogs~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented