Senin, 27 Mei 2013

Head up, Stay strong. Fake smile, Move on!!

Assalamu'alaikum, blogs..
Semoga kabar kalian... lebih baik dari gue..
Kali ini postingan gue akan sedikit galau dramatis gitu. Tahan ya...
Blogs, beberapa waktu lalu, tgl 27 mei 2013 pukul 16:00, adalah waktu pengumuman snmptn. Ini pengumuman yang luar biasa. Beberapa hari sebelumnya, gue excited banget. Berasa gunain Adrenalin rush setiap saat.
Untuk snmptn ini gue milih FTG unpad dengan cadangan Ilmu Kelautan. Gue tau FTG itu salah satu fakultas favorit di sana. Walaupun gue gak tau banyak tentang FTG, gue ambil itu.

Waktu milih jurusan itu rasanya.... galau banget. Gue gak mikirin masa depan gue. Gue cuma 1 tujuan. Gue mau jalan-jalan. Mau berkelana. Pasti keren. Akhirnya gue pilih itu. Dan sebenarnya... gue juga gak mikirin adanya cadangan. Ilmu Kelautan itu cuma pelengkap buat gue. Tapi yasudahlah. Gue pilih aja.
Hari demi hari berlalu. Berita tentang peserta snmptn yang mencapai 700ribu orang itu bikin syok. Ditambah lagi peminat unpad ada di peringkat pertama. Gue agak ngedown. Harapan gue cuma nilai rapot yg lumayan sama serifikat nasional. Orang-orang bilang kalo gue pasti keterima. Sertifikat nasional itu adalah jaminan untuk keterima di ptn. Itu menurut mereka. Gue yang punya itu... gak berpikir begitu. Itu cuma tambahan, bukan jaminan. Tapi ya lumayan buat perhitungan.
Setelah UN kemarin, temen-temen gue pada ikutan les buat sbmptn. Ini ujian tulis. Jujur, gue gak pengen ikutan ini. Rasanya udah capek gitu buat belajar. Jadi, gue santai aja. Gue juga gak ngambil swasta. Masih nunggu snmptn. Ya, gue naro harapan gue cuma ke situ.
Dan beberapa saat lalu, blogs, pengumuman itu keluar. sebelum-sebelumnya gue amat sangat excited. Eh nggak juga sih. Gak terlalu. Tepat jam 4 sore gue buka website pengumuman itu. Tumben bisa langsung kebuka. Biasanya servernya down karena banyak yg ngakses. Terus masukin no.pendaftaran sama tgl lahir.
Gak perlu waktu lama sampai webpage bertuliskan "Maaf, Anda tidak dinyatakan lulus SNMPTN 2013".
Syok.
Iya, gue gak lolos. Sedih? Nggak. Bete? Nggak. Kecewa? Nggak. Oke, gue bohong.
Gue kecewa banget. Beneran.
Rasanya..... kayak lo mempertaruhkan semuanya di 1 pilihan, dan lo gagal. Satu-satunya rencana lo gagal. Kecewa, kan?
Salah gue sendiri sih cuma punya 1 rencana. Salah gue juga terlalu meremehkan pilihan lain yang ada.  Ini beda dari pengumuman osn. Gue bisa bangga walau pun kalah di sana. Nothing to lose. Tapi di snmptn ini.... gak bisa gitu. Ini menentukan bagaimana gue kedepannya. Yah ini bukan satu-satunya jalan. Masih ada jalan lain yang sebenarnya gak ingin gue lalui. gue tau gue harus bangkit. Tapi.... saat ini agaknya sulit. Yaiyalah, baru juga berapa jam abis pengumuman -_-. Gue masih mau larut dalam kekecewaan dulu. Agak dramatis ya? Biarin ah.
Kalo pas osn, waktu itu di tengah kekecewaan karena kalah, ada yg meluk gue. Erat banget. You know? Itu bener-bener bisa bikin gue tenang. Kalo sekarang? Mungkin cuma dengan cerita di sini. Lumayan ngurang sih tapi gak maksimal.
Urf juga udah ngasih banyak dukungan. Banyak banget. Dia berusaha buat gue lebih tegar gitu. Tapi tetep, gue lagi pengen nikmatin kekecewaan ini.
Sementara itu, gue juga memperhatikan temen-temen yg beruntung. Jadi ceritanya ada 2 kubu. Satu yg ngetweet seneng, satu lg yg berusaha tegar. Gue tentu yg berusaha tegar. Jujur aja, gue iri banget sama yg berhasil. Iri sama mereka yg udah bisa tenang. Iri sama mereka yg udah punya cadangan. Sedangkan gue? Saat ini cuma bisa sok tegar. Sok ngelupain semuanya. Sok menyiapkan rencana untuk kedepannya. Tapi nyatanya? Gak seperti itu. Butuh waktu. Bisa lama banget. Nah, beginilah gue kalau lagi galau. Gue emang jarang galau, tapi sekalinya galau.... ya begini -_-. Kalau kalian ngomong sama gue saat ini, kalian bisa denger suara gue sedikit bergetar.
Saat ini gue akan menyusun ulang rencana. Waktunya singkat. Tapi, gue belum nyerah. Gue gak terlalu berharap sbmptn karena kemungkinannya kecil. Di tambah lagi gue bukan orang yg ikut les intensif gitu. Kemungkinan gue makin kecil. Tapi bukan nol. Sekecil apa pun, itu tetap ada.
Gue juga akan membuat rencana cadangan lainnya.
Blogs, saat ini banyak orang yg berpikir Tuhan pasti punya rencana yg terbaik. Gue pun begitu. Ini cara terbaik untuk menenangkan diri. ikhlas, ikhlas, ikhlas. sulit tp harus.
gue tau harus berusaha mencari hikmah di balik ini semua. Harus mencari maksud Tuhan atas apa yg terjadi.
Urf bilang, "Lo emang layak dapet yang lebih baik. Tapi apa yang lo jalanin saat ini, itulah yang terbaik"
Ya, itu yg harus gue yakinin. Saat ini gue menempatkan diri gue di titik paling bawah. Hingga satu-satunya yg bisa gue lakukan adalah beranjak ke atas.
You know, blogs? Banyak orang yang bersyukur atas apa yang mereka miliki. Ini baik. Tapi, saat ini gue akan bersyukur atas apa yg gak gue miliki.  Semoga bisa ngebuat gue jadi lebih baik.
Baiklah, blogs. Itu aja yang mau gue sampaikan. Selamat buat yang berhasil lolos. Kalian hebat :)
Buat yg belum, tetep semangat ya. Tetep berusaha menerka maksud Tuhan. Pasti ada suatu hikmah.
Oiya, tetep tunggu cerpen gue berikutnya :D *promosi dikit* -_-.
Udah ah. Makasih udah mengurangi kekecewaan gue. I'm feeling better.
Head up, Stay strong.
Fake smile, Move on!
Selamat malam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented