Rabu, 26 September 2012

Final Debut!!!!!!!

Assalamu'alaikum blogs :)
Kita sharing lagi yuk.
Gue mau sharing tentang kompetisi olimpiade kemarin. Kalau sebelumnya tentang latihan, sekarang kompetisinya. Oiya, ini akan jadi postingan terakhir gue tentang perjalanan olimpiade astronomi. Jadi duduk manis dan baca aja ya...
Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke XI tahun ini diadakan di Jakarta. Tahun lalu diadakan di Manado. Gara-gara tahun lalu gue nggak ikut, jadi gue nggak kebagian naik pesawat gratis -_-.
Selama olimpiade ini gue mendapat dukungan penuh dari sahabat-sahabat, teman-teman, keluarga, guru, dan yang lainnya. Gue semangat? Nggak -_-. Yang ada malah beban banget. Karena gue gak mau ngecewain mereka. tapi sebenernya gue juga udah capek sama olimpiade ini. Capek banget. Dan ingin segera berakhir.
Hari keberangkatannya itu tgl 2 september. Dan olimpiadenya dilaksanakan hingga tgl 7 september. Selama itu gue tinggal di Hotel Kaisar.
tanggal 2 gue ke sekolah dulu buat dianterin sama guru. Terus gue pamitan sebentar sama seorang teman di situ. Seorang teman yang nggak mau ngegelarin karpet merah buat gue -_-.
Setelah siap kami nggak langsung ke Hotel Kaisar. Seluruh pemenang di Banten dikumpulin di UNIS Tangsel. Dikasih pengarahan di situ. Gue ketemu wajah-wajah yang familiar. Ada Hilman sama Adli. Udah tau kan mereka siapa? Gak usah dibahas ya.
Gue memperhatikan wajah peserta di sekeliling gue. Mereka tampak Briliant! Kecuali si Adli yang malah celingak-celinguk petakilan -_-.
Di UNIS ini gue dikasih amplop dari pihak sekolah. Tentu saja isinya money. Yah kurang begitu penting sih.
Lanjut, setelah beres, kami foto bersama dan segera berangkat menggunakan bus provinsi. eh tapi Hotel untuk peserta ini ada 2. Yang pelajaran Mipa di Kartika, yang Non-Mipa di Kaisar. Nah, pertama ke hotel Kartika. Selama perjalanan, kami dibagiin tas, jaket, baju, topi, dan amplop berisi uang. Sama dapet makanan juga. barang-barang ini sangat lumayan untuk menambah barang bawaan gue -_-. Selama perjalanan itu juga sebagian besar peserta tidur, sebagian yang lain belajar -___-. Kenapa mereka harus belajar di depan kami?! Kenapaaaaaaa...!!!! *kameradiarahkankelangit*.
Pokoknya gitu.
Terus begitu sampai di hotel Kaisar, kami turun. Yang Mipa udah duluan di Kartika. gue registrasi dulu ke panitianya. Disana sudah menunggu peserta dari provinsi lain. Dan muka mereka..... Bener-bener muka orang berpendidikan -_-. Nyebelin. Gue ngedown lagi ahahaha. Cemen ya? Biarin.
oiya lupa ngasih tau, guru fisika gue ikut sebagai pembimbing. Tapi guru pembimbing itu beda hotel sama peserta.


 
Oke next, di registrasi ini gue dikasih kaos olimpiade, nametag, sama tas lagi. tambah berat deh barang bawaan gue -_-. Tasnya juga bukan tas sophie paris -__-.
Kaos yang dibagiinnya ini bagus loh. Beda warna untuk setiap bidang. Astronomi mendapat warna oranye. Yang lain ada hijau, merah, biru, putih dan lain-lain tergantung bidangnya.
Gue mendapat kartu kamar nomor 455 di lantai 4 bersama seorang olimpian Astro dari Sulawesi Tenggara. Namanya Ramdan. Sekitar jam 3 sore gue udah di kamar. Belajar? Nggak, gue nonton tv, guling-guling di kasur, makan, dan ngeliatin kota jakarta dari lantai 4 hotel ini. Asik loh. Gue juga ketemu Faqih, Obby dari pelatihan OSP Bandung, Mahdi, dan teman-teman lain. Gue tetap sebagai Arya di sini.
jadwal hari pertama itu cuma check-in. tgl 3 pembukaan dan belajar komputer, tgl 4 pengamatan dan pengolahan data, tgl 5 tes teori, tgl 6 penutupan, dan tgl 7 check-out, tgl 8 kami diusir dari hotel ini -_-:
jam 6 sore gue masih sendirian di kamar. Si Ramdan belom dateng. Lama banget deh. Yaudah tunggu terus sampai malam. Jam 9 belum dateng.. Jam 10 juga belum. Akhirnya gue tinggal tidur.
Barulah jam setengah 3 pagi, pintu kamar diketok. Ya, Ramdan baru datang. Lama sekali -_-. Karna gue baik, jadi gue bukain pintu kamar. Abis itu kenalan sebentar dan tidur lagi.
Keesokan paginya baru gue tanya kenapa datangnya lama banget. Dan dia bilang pesawatnya baru berangkat jam 8 malam. Pantesan -_-. Si Ramdan ini sangat sopan dan logatnya itu logat Sulawesi. Kadang-kadang kami sama-sama gak ngerti apa yang kami omongin karena beda intonasi. Jadi harus diulang beberapa kali.
Jam setengah 7 gue ajak dia sarapan di loby. Pas sampai disana, peserta sudah rapih bawa tas dan berkaos osn.
''hah? Ada apa ini?'' tanya gue.
''tidak tau,'' kata si Ramdan.
Akhirnya gue tanya salah seorang peserta. Dan dia menjelaskan bahwa pembukaan hari ini di TMII jam 9 pagi dan kita harus berangkat jam 7. What the?!! Gue sama Ramdan langsung ngambil roti dan buru-buru balik ke kamar hotel. gue langsung mandi dan siap-siap. Setelah beres semua, kami kembali ke loby. Udah sepi. Cuma ada beberapa orang peserta dan panitia. Kami langsung disuruh ke bus dan segera berangkat ke TMII.
pembukaan ini diadakan di Gedung Pencak Silat. Gedungnya cukup luas. Kami duduk berdasarkan bidang olim. Jadi gue bisa melihat kumpulan baju merah, putih, hijau, dan yang lainnya. Acara di buka oleh penampilan dari suka relawan. Yang mau nyanyi atau nari gitu. Ada guru juga ada peserta. Yang keren itu, seorang anak dengan berani maju ke depan dituntun dua orang pembimbing. Dia nyanyi lagunya Kerispatih. Suaranya bagus. Pas wajahnya disorot dan terpampang di layar panggung, ada yang aneh. Yap, dia seorang tuna netra. Matanya tidak bisa melihat. Ah gue sedih dan sangat terharu disini.
Jadi peserta yang kumpul buat OSN ini ada 3. Tingkat SMA, Tingkat SD, dan Tingkat SMK. SMK ini bukan Kejuruan. Tapi Kebutuhan Khusus. Iya, ini buat SLB. mereka yang kekurangan aja bisa tampil di sini. Suatu kehormatan buat gue bisa ngeliat mereka. Appluse banget.
Terus ada tarian daerah,abis itu paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya. paduan suaranya kece banget! Youth Choir dari SMAN 78 Jakarta. Prestasi mereka sudah sampai internasional loh. Mereka juga nyanyi Mars Osn dan gue gak tau ternyata Osn ada lagunya -_-. Ini keren banget! Suara mereka gak ada yang fales dan tertata rapih.
Ada juga sambutan dari Menteri Pendidikan siapalah itu. Dia bilang, ''semua yang ada di sini adalah pemenang. kalian sudah sangat hebat bisa ke tingkat nasional. Sekarang kompetisi ini hanya akan mengurutkan siapa yang terbaik diantar yang terbaik,'' gitu deh intinya.
Acara pembukaan ini ditutup oleh penampilan bintang tamu. Raisa. Iya, Raisa yang penyanyi itu. Keren loh.

Kegiatan selanjutnya itu terpisah. Yang Astronomi sama Ekonomi ke UI di Depok.
Rencananya Astro mau ngadain pelatihan komputer gitu buat tes teori nanti. Yang Ekonomi nggak tau deh.
Setelah briefing di sana, kami dibagikan kode dan urutan tes praktek besok. Di sini kami dibagi jadi 6 kelompok. Alpha, Beta, Gamma, Delta, Epsylon, Zeta. Setiap kelompok terdiri dari 14 orang. Jadi dari Alpha 1, Alpha 2, dan seterusnya. Gue kebagian di kelompok Zeta. Kode gue Zeta 5. ini kan untuk urutan teleskop ya, jadi yang dapet angka 14 itu bakalan malam banget prakteknya. Bisa jam 12an baru giliran dia. Yang paling cepet itu 1 sekitar jam 8 malam. Alhamdulillah gue Zeta 5 mungkin sekitar jam 9 atau setengah 10.
Terus dikasih tau juga ada polling sms untuk peserta terfavorit (khusus Astronomi) dan website untuk melihat perolehan nilai tes sementara. Kalau mau ngedukung gue, ketik: OCBCNISP Astro Arya. kirim ke 081220212021 . Tarifnya seperti sms biasa. tapi gue nggak ngasih tau temen-temen di rumah. kasian nanti pulsa mereka abis.
Nah, sore harinya tes komputer. Ini susah. Bukan karna soalnya, tapi kita gak boleh pake kalkulator yang udah dibawa. Di sini kita ngitung pake komputer atau ms.excel terus juga ngetik dan gambar jawaban di ms.word. Ini ribet. Gue gak biasa pake beginian. Jadi ya... Gitu deh.
Ini cuma latihan doang.
Pulang dari sini gue capek banget. Capek mikir. pengen langsung tidur, tapi ngeliat yang lain masih belajar itu... Ah bikin pengen maksain belajar. Tapi akhirnya gue nggak belajar. Sampai di hotel langsung tidur.
Keesokan harinya, tgl 4 september. Hari ini tes pengolahan data dan pengamatan. Nah, ini adalah tes praktek. Setiap olimpiade itu prakteknya berbeda dan tempat ujiannya juga berbeda.
Pagi hari pas nunggu di Loby, gue ngeliat yang lain sibuk belajar. Dan gue beneran udah capek banget. Buka buku dan ngeliat rumus sedikit aja langsung pusing. Di satu sisi gue harus belajar, di sisi lain gue udah gak kuat. Gue pengen santai tapi ngerasa gue gak boleh ngecewain orang yang udah ngedukung gue. Andaikan mereka merasakan apa yang kami rasakan di sini... rasanya pengen nangis. akhirnya gue curhat lagi ke Urf. Selama olim dia jarang muncul loh. Gue cerita banyak tentang rasa lelah gue di sini.
''Dit, dengarlah, lupakan semua orang yang mendukung lo kalau itu ngebuat lo jadi terbebani. Lo nggak harus menang karena lo udah menang. Istirahatlah jika lo lelah. Jangan pedulikan mereka yang memaksa lo untuk menang. Karena mereka nggak merasakan apa yang Adit rasakan, mereka nggak melalui apa yang Adit lalui. Adit cuma butuh satu dukungan dari diri adit sendiri. Satu dukungan terkuat. Jangan khawatir, jangan takut. Bahkan sekali pun lo kalah, lo cuma kehilangan medali, lo gak akan kehilangan temen-temen lo. Bahkan kalau mereka meninggalkan lo, gue akan tetap di sini. Lebarkanlah sayap-sayap patahmu, wahai adit. Buktikan pada mereka! Bahkan dengan sayap-sayap patah ini, lo masih bisa menjangkau langit! Bahkan ketika sayap-sayap itu lenyap, gue akan jadi sayap lo dan kita akan terbang sama-sama,'' langsung terharu :') serius, gue meneteskan air mata di sini. Tapi gak ada yang tau sih.
''dit, lo akan mengalami banyak kesulitan nanti, jadi mohonlah agar diberi kemudahan. Jangan lupa, lo adalah Adit. Adit mungkin bukan seorang anak yang cerdas, tapi Adit akan tersenyum dalam setiap kesulitannya. Adit gak peduli benar atau salah, dia cuma ngerjain soal itu sebisa mungkin. Dan dia menikmati kesulitan di setiap soal yang ada. Jalani aja ujian ini sebagai seorang Adit, jangan takut kalah,'' kira-kira begitu. Setelah curhat lama banget, akhirnya perasaan gue tenang. Gue ngerasa nggak ada beban lagi. Dan gue siap mengerjakan ujian ini baik benar maupun salah. Menang atau pun kalah. Intinya gue tetap akan berusaha.
Untuk ujian Astronomi di Fasilkom UI. Kami berangkat dari Hotel jam 11 siang. Di sana ada pelatihan menggunakan teleskop selama 3 jam dan sudah termasuk latihan pembacaan peta langit. Teleskopnya itu C8 Celestron. Ntah apa maksudnya. Yang penting begitu deh. Gue lumayan bisa menggunakan teleskop ini.
Terus istirahat sebentar. Tes pengolahan data nanti dimulai dari jam 8 malam sampai jam 12 -_____-. Dengan diselingi tes pengamatan perorangan. Pengolahan data ini paling nyebelin! sumpah!. Tapi tetep, gue udah ngerasa lebih tenang. selepas maghrib bintang-bintang bermunculan. Ada Vega, Fomalhaut, Deneb, dan lain-lain.
Gue gak bisa bedain mereka berdasarkan wilayah kalo ngamatin langsung -_-. peserta lain mulai menebak bintang-bintang yang terlihat di langit. seorang peserta bernama Qelly dari Padang, teman pelatihan di Bandung, udah ngegambar peta langit sendiri. Dan dia lumayan hafal -_-. Keren loh.
terus jam 7 malam peserta dikumpulin di ruangan sejenis ruang sidang gitu. terus ditanyain bagi yang mau diwawancara. Gue angkat tangan dong. Untuk 2 orang. Gue sama Masud dari Bekasi. Kita cuma dishooting doang dengan adegan pengamatan. Yah gitu deh. Biasa aja.
Akhirnya jam 8 ujian di mulai. Ada 2 soal pengolahan data dengan setiap soal ada 5 pertanyaan. Jadi 10 soal dengan waktu 4 jam -_-.
Dengan semua ketenangan dan kepanikan gue saat itu, gue ngerjain soal. Bareng urf. Seru loh ini. Soalnya sangat sulit tapi tetep aja gue bawa santai. Gue sudah tidak peduli mau menang atau kalah. Yang penting gue ngerjain.
selama ujian berlangsung, enam perenam peserta dipanggil untuk pengamatan. Jadi yang pertama itu semua deret 1 dari 6 kelompok. Alpha 1, Beta 1, Delta 1, dan seterusnya sampai Zeta 1.
Degdegan? Nggak. Gue udah santai di sini.
Akhirnya giliran gue dipanggil. Semua daftar urut ke 5.
Gue dibawa jalan ke luar. Gelap banget. Cuma dibimbing panitia dengan senter merah. masing-masing dibawa ke pos teleskopnya berdasarkan kelompok. Gue ke pos Zeta. sudah menunggu seorang juri dan panitia di sana.
panitianya menyenteri tulisan kita karena sangat gelap.
Waktu pengamatan ini cuma 15 menit. Waktu menunjukan pukul 21.25 saat itu.
Pertama gue harus nyari waktu bintang, waktu lokal, waktu di GMT+0, sudut jam bintang dan kenaikan lurus matahari. Gampang kok.
Selanjutnya disuruh mengarahkan Green light laser. Ini adalah alat untuk menunjuk benda langit. Keren deh alatnya. Disuruh menunjukan lintang ekliptika matahari, sama lintang ekliptika galaksi. Dengan melihat peta bintang, gue arahkan aja ke langit mengikuti perasaan gue. Kayaknya sih salah.
Terus mengarahkan teleskop ke bintang yang ada. Di soal itu ada daftar bintang. Vega, Deneb, Altair, Antares, Fomalhaut, Acturus dan lain-lain. Gue yakin banyak yang ngincar Vega karena lebih terang dan gampang dicari. Pasangannya Vega itu Deneb sama Altair. Mereka ngebentuk Summer Triangle. Nah, gue tau di langit ada Vega, Deneb, Altair. Tapi gue gak tau Vega itu yang mana, Deneb yang mana, dan Altair yang mana. Akhirnya gue arahkan ke salah satu bintang. Di teleskop itu bintangnya malah keliatan ada 2, yang artinya ini bintang ganda. Yap, dan gue tau Altair adalah bintang ganda dengan pasangannya si Tarazed. Jadi gue jawab aja itu Altair. Dan benar! horee ahahah. Disuruh nulis deklinasi dan sudut jam bintang dengan ngeliat skala di teleskop. Yang ini kayaknya gue salah -_-. Yah sudahlah. Akhirnya waktu habis, gue kembali ke ruangan pengolahan data.

Kembali gue kerjakan 2 soal beranak 10 itu dengan sisa waktu kurang dari 3 jam. gue belom ngejawab 1 soal pun saat kembali. Jadi disini gue berusaha maksimal tampil sekeren mungkin. Gue nggak tau rumus mengerjakan soal itu. Jadi dengan segala imajinasi tingkat dewa yang gue miliki, gue jawab setidak-masuk-akal-mungkin. Dan alhamdulillah, salah -_-. Bodo amat.
Pukul 00.00 waktu habis. Semua diam di tempat. Mereka berhenti mengerjakan soal termasuk gue. Kami nunggu juri dulu sebentar. Terus setelah itu ngumpulin jawaban dan keluar ruangan. para peserta astronomi mulai membahas soal-soal dan pengamatan mereka. Gue? Udah capek mau ngebahas itu.
Jam 1 pagi kami pulang. sebelum pulang gue ke toilet sebentar terus nametag gue jatoh :(. Ini sedih banget. Gak banget sih, tapi kan nametagnya tingkat nasional.
akhirnya pulang.
Besoknya baru gue bilang tentang nametag itu. Dan alhamdulillah, ditemuin oleh salah satu juri. jadi ya... Alhamdulillah.
Jadwal kami hari ini adalah ujian teori. Yap, pake komputer itu loh. Yang ribet itu tuuuh -_-.
Jam 3 sore dimulai. Waktunya 3 jam.
Jam 2 kami latihan komputer lagi. Disini disediakan 5 bendera yang mewakili setiap nomor soal. Jadi kalau sudah selesai 1 soal, kita nancepin 1 bendera sebagai tanda udah selesai 1 soal. Dan peraturannya gak boleh pake kalkulator.
Akhirnya jam 3. Ada count down gitu.
3... . 2... . 1..... 0...!!!
Ready? Go!!!!
Soal essay muncul di layar komputer.
Soalnya itu panjang.
seperti seorang pelajar, gue berniat mengerjakan dari soal yang mudah.
Gue baca nomor 1 ''........'' Skip. Nomor 2 ''...........'' Skip. Nomor 3 ''............ emmmm'' skip. Nomor 4 ''skip''. Nomor 5 ''...............................'' skip -_____-.
hampir gak ngerti sama sekali. Gue baca lagi dari nomor 1. sementara itu gue denger suara ketikan dari ruangan komputer tempat ujian ini. peserta lain mulai menulis jawabannya. Sementara gue masih terpaku menatap layar komputer itu -_-. Ini bukan soal astronomi! Ini fisika berkedok astro!!! Sumpah gak nyambung banget.
Akhirnya dengan semua ketidak-tahu-an gue, gue kerjain.
Slep! Satu peserta menancapkan 1 bendera tanda dia sudah selesai 1 soal. Wah, gue panik. gue cepetin pengerjaan gue. Akhirnya, selesai. Gue tancepin 1 dan lanjut ke soal berikutnya.
ntah bagaimana, target gue berubah. Bukan ketepatan menjawab, tapi kecepatan menjawab yang jadi incaran gue. Ini kesalahan besar dan sangat fatal. Ya, gue gak sabar.
Waktu demi waktu berlalu. Akhirnya 5 bendera menancap. Gue selesai. Yang lain juga. Gue udah amat sangat lelah dan capek banget dengan soal essay ini.
waktu tinggal 10 detik. Gue udah seneng akhirnya ini berakhir.
3... .
2.....
1... .
0.....
Gue baru mau ngambil napas lega, tiba-tiba..........
JREEEEEENG!!!!
Soal pilihan ganda muncul!!!!!!!!!!!!!!!!!
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!
Pengen teriak banget!!! Asli!! Mau nangis rasanya!!! Ah parah!!
Gak ada waktu istirahat! nyebelin!!! AAAAAAAAA!!!!!! -______-.
sumpah, udah bete banget. waktu pilihan ganda cuma 1 jam. itu juga terbuang 3 menit akibat reaksi syok gue -_-. Capek banget......
Serius, gue udah gak peduli. Gue kerjain semau gue. Soal hitungannya gak terlalu banyak. Itu juga gue udah males ngitung. Gue kerjain menurut feeling. Kacau sudah perasaan gue. Lelah banget.
Ah sudahlah! menang atau kalah, bodoamat!
1 jam kemudian, selesai. Untung gak muncul soal isian -_-. Gue buang komputernya -_-.
Yak, pasrah dengan segala hasilnya. gue gak peduli. mau gimana pun juga, gue udah berusaha dan capek banget.
Nah, akhirnya kami pulang. Selesai sudah ujian kami seluruhnya. Tinggal nunggu hasil.
Malam harinya gue ke Seven Eleven looh. Ini tempat anak gaul, katanya. Gue kurang mengerti cara belanja disini. kita bisa ngambil minum sendiri lewat mesin gitu. Ini rasanya sangat mudah untuk tindak kejahatan. Untungnya gue baik o:)
Keesokan harinya ada rekreasi ke TMII sama acara penutupan dan pengumuman. Jam 1 siang kami berangkat.
Di TMII ini cuma ngeliat tehnologi gitu. Lumayan asik tapi sebenernya gue kurang menikmati. acaranya kurang terorganisir gitu. Kami di TMII hingga jam 5 sore.
Selanjutnya ke Gedung pencak silat lagi untuk penutupan.
Jam 6 maghrib, kami shalat sekalian berdo'a. Barulah jam 7 acara penutupan dimulai.
Dimulai dari tari-tarian, paduan suara Youth Choir dan sambutan Menteri.
Ini saat-saat paling seru selama gue olim. Gue ngumpul sama kontingen banten. Ada hilman, faqih, adli, satrio, dan banyak lagi. Kami semua pasrah. Yang udah pasti dapet itu Adli. Jelaslah.
Sebelum pengumuman medali, ada bintang tamu. Sean dari Indonesia Idol. Dia nyanyi lagunya ''Queen - We are the champion''. Ini penuh haru banget. lirik lagu itu menggema di penjuru gedung ini. Kami nyanyi sama-sama.
Setelah selesai, suasana kembali menegang. Pengumuman medali dibacakan!!!
Bidang astronomi disebut ke 6. Satu persatu nama dipanggil. Mereka yang dipanggil diberi selamat oleh teman-temannya dan maju kedepan menerima medali.
namanya Faqih disebut. Dia dapet perunggu. Kami memberi selamat juga ke dia. Terus satu-persatu pemenang dipanggil. Qelly dapet medali perak, obby perunggu, mahdi perak. Gue sama Hilman jelas-jelas nggak dapet -_-. Yah gak masalah sih. si Adli.... Oh god.. Dia emas pertama dan absolute winner!!! Keren banget.
Kita juga ngasih selamat. Gue kalah dari mereka. Tapi nggak masalah sih. Gue seneng banget bisa ikut olimpiade nasional ini.
Acara ditutup dengan pengumuman provinsi peraih medali terbanyak.
Penghargaan ini jatuh kepada.... Jawa tengah!!!
Mereka langsung lari ke panggung dan teriak histeris. Ada banyak pita berterbangan. Dan ditutup dengan lagu ''we are the champion'' lagi. Ah terharu banget. Terus gue sama Hilman pergi mengunjungi temen-temen yang mendapat medali untuk ngasih selamat lagi. Di perjalanan menuju mereka, gue ketemu peserta yang nggak gue kenal. Ada yang seneng, ada juga yang nangis. Gue ngasih selamat ke mereka. mereka juga begitu. gak peduli menang atau kalah, kenal atau nggak, kita tetep saling menghormati dan mendukung.
Gue ketemu obby. Dia langsung meluk gue sama hilman erat banget. Dan gue langsung pengen nangis. Di antara teman-teman gue di sekolah atau di rumah, nggak ada yang pernah begitu. Khususnya yang laki-laki. ngomong ''aku-kamu'' aja ogah, gimana mau pelukan? -_-.
Di sini, nggak ada istilah ''maho'' apalah itu. Semuanya teman, semuanya saling menghargai. Makanya gue seneng ada di sini dan kalau bisa, gue pengen satu sekolah sama mereka. Sama orang-orang yang mau jujur dan berusaha sendiri.
See? Ini melebihi solidaritas yang kalian anggap ada di kelas kalian. Ini jauh lebih dari solidaritas yang kalian dapatkan dengan cara saling membantu dalam kecurangan. Ini Bhineka Tunggal Ika. Inilah Indonesia.
Acara ini ditutup dengan lagu
sheila on 7 - melompat lebih tinggi.
 
Blogs, kau harus tau..
Di sini, di tempat ini, di acara ini, gue mengenal orang-orang yang mau berjuang.
Orang-orang yang nggak manja dan nggak mengeluh sama soal-soal yang dikasih.
Orang-orang yang nggak malu untuk menunjukan sopan santun. Orang-orang yang nggak saling menghina.
Orang-orang yang saling membantu kenal maupun nggak kenal.
Orang-orang yang menjaga lisan mereka.
Andaikan kalian ada di sana, mungkin kalian akan mengerti perasaan kami.

Yap, that's it! Dengan ini, perjalanan olimpiade gue berakhir :)
Gue mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang amat sangat berharga.
Well, i have tried my best and i spectacularly lose :)
i didn't get any bronze, silver, or gold. But i got so many priceless friends :D
So, it isn't the end of my journey.
See you in another sky :)

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented