Rabu, 16 Juli 2014

Romansa di Yogyakarta

Assalamualaikum, blogs!

It's been so long since my last post. It was on April, right? And now is July. You know what? It means................... nothing -_-.
Really..

udah ah! males pake bahasa inggris.

Baiklah dari pada gue capek harus nyapa khalayak semacam kalian, mending gue cerita aja langsung. Gue mau cerita tentang... wilayah 2. Yap, Yogyakarta.

Yogyakarta...
wilayah yg terletak di pulau Jawa agak-agak nyerempet ke selatan ini terkenal dengan sebutan kota pendidikan. Tau gak kenapa? gue sih gak tau. Mungkin karena banyak universitas di sini kali ya.  Yogyakarta juga terkenal dengan makanan khasnya yang warnanya coklat-coklat manis gitu, yaitu Sirloin steak -_-. hanya saja dagingnya dari buah nangka. Kalo bahasa lokalnya disebut Gudeg. Oiya, jangan lupakan oleh-oleh khasnya juga yg terbuat dari tepung yg dibentuk bulet-bulet berisi kacang hijau. kalo ini kalian pasti tau. Yap, Onde-onde. Rasanya enak. Kayak Bakpia' gitu.

Terus Yogya juga terkenal dengan Keratonnya. Katanya sih udah 10 generasi ya? Sekarang rajanya itu Sri Sultan Hamengkubuono X. Dia jadi Gubernur DIY loh. Waktu itu pas anaknya menikah diadain makan-makan gratis di malioboro. Makan angkringan doang sih. Sebagai keturunan Clan Arya Dewa gue diundang tapi sayang sekali gak bisa dateng. Gue harus menunaikan tugas mulia untuk menuntut ilmu di upn o:).
padahal dapet makanan... gratis... gratis.... gratis...
Kenapa upn gak libur aja sih waktu itu?! -_-.

Alright! Itu perspektif secara umum tentang Yogyakarta, tempat gue menimba ilmu. Sekarang gue akan menggunakan perspektif gue dalam melihat Yogyakarta sebagai wilayah 2, tempat gue berpetualang.

As you know, gue berada di wilayah ini dalam rangka kuliah. Dan karena gue kuliah di wilayah asing ini tentunya gue harus punya beberapa kebutuhan pokok untuk bisa bertahan hidup. Kebutuhan ini gak sepenting Sandang, Pangan, Papan sih. Tapi tetep ini penting untuk bertahan hidup buat gue. Ada 3 kebutuhan  gue. Gue sebut "Personal Space Ship".

ada yg tau maksudnya?
"Personal" artinya pribadi. Ini maksudnya ruangan pribadi. Tempat tinggal. Ya, gue butuh tempat tinggal pribadi untuk hidup di wilayah ini.  jadi gue butuh Kost atau Kos. Gak tau tulisannya mana yg bener. Gue ngekost deket UNY. Padahal kampus gue di UPN -_-. Ah sudahlah.
Di kost gue dulu ada temen asal.. Padang, kalo gak salah, yang orangnya tuh berisik banget. Dia suka nyanyi sambil mandi. Bukan mandi sambil nyanyi. mana suaranya jelek banget lagi -_-. Kamar gue kan disebelah kamar mandi, jadi pasti lo kebayang  betapa terganggunya gue, sebagai seorang yg cinta ketenangan, oleh orang itu -_-. 

Kalian harus tau, setiap gue tidur dan terbangun akibat suara melengking, annoying, really-not-amazing  dari kamar mandi itu pikiran gue langsung menyusun strategi untuk melakukan adegan pembunuhan. Atau paling nggak, gue pengen ngelempar petasan pas dia lagi mandi. Pasti seru. Tapi beberapa bulan kemudian dia pindah tanpa pamit. Yes! Akhirnya gue gak perlu mendengar suara itu lagi.

Lanjut.

Yang kedua itu "Space". Artinya ruang. Buat gue space itu luar angkasa yang mana disitu gak sebatas ruang buat kita tinggal. Dengan kata lain, space di sini berarti Internet. Tentu saja dengan medianya seperti laptop.Di kost gue gak ada tv. Jadi kalo gak ada laptop gue bisa murung, desperate and broken-heart gitu -_-. Selain itu, ini penting untuk ngerjain tugas. Kan gak enak kalo harus numpang ngerjain tugas di laptop temen.

And then, terakhir gue butuh "Ship". Yap, kendaraan. Gue perlu ini untuk menjelajah sesuka hati. Begitu gue dapet Ship berupa motor, petualangan pun dimulai.

Yogyakarta ini kota yang biaya hidupnya terbilang cukup murah buat gue. Terutama dalam hal makanan. Bagi anak kost, burjo dan angkringan itu penyedia makanan paling berjasa.




Burjo itu singkatan Bubur kacang iJo. Disitu jualan nasi dengan lauk macem-macem. Ada nasi ayam, nasi telor, mie instan dan lain-lain. Harganya dari mulai 3500 - 7000. Murah kan?  Di deket kost gue ada Burjo. Tapi anehnya di menunya gak ada burjo -_-. Apa maksudnya coba dia memakai nama Burjo? -___-.
Terus kalo soal angkringan di Yogya ada banyak banget angkringan. Di mana-mana ada. Di deket kampus, balai kota, kampung-kampung, deket mall. Banyak. Semua orang Yogya yang kaya maupun yang hampir kaya dan belum kaya pasti pernah makan di angkringan. Soalnya harganya murah terus lumayan enak. Tapi kalo lu makannya banyak harganya tetep aja bakalan mahal -_-. Gue suka makan sate keong atau bekicot atau tutut atau kelomang atau whatever apalah itu. Manis. Biarpun agak menjijikan waktu masih hidup. yang penting gue makannya pas dia udah mati. Harganya cuma 1000-2000! Tapi gue makannya 10 tusuk. Jadi kenanya tetep belasan ribu -___-. 

Dulu gue menyebut angkringan tuh warung suram. Soalnya lampunya remang-remang terus ditutupin terpal di satu sisinya. Gak tau kenapa. But, hal paling keren dari Angkringan ini adalah kita bisa ngobrol bareng sama pelanggan lain. Akrab aja gitu rasanya kalo ngobrol di sini. Walau mereka sering pake bahasa jawa dan gue gak ngerti mereka ngomongin apaan. Tapi gapapalah... yg penting gue kenyang.
Gue memandang Angkringan sebagai tempat mendapatkan informasi. Gue sering nanya lokasi suatu tempat sama abang-abangnya. Atau nanya event yg ada di Yogya. Terus nanti gue mengikuti petunjuk abang itu ke tempat yg gue tuju. Terus akhir-akhirnya gue nyasar sendirian. Terus gak ada yg ngajakin kenalan buat nyasar bareng. Terus gue jadi sedih. Terus depresi. Terus curhat di blog. Ah! Klise banget!

Yogyakarta juga kota yang romantis. Kalau ada yang bisa diromantisin tentunya -_______-. Ngomongin yg romantis-romantis gini.... gue kan jadi sedih:(

Tempat romantis versi gue di Yogya ada taman pelangi. Disitu isinya beraneka macam lampion gitu. Ada banyak bentuk. Gue pernah kesana waktu awal-awal jadi Maba. Bagus loh. Ada sepedahan yg dikasih laser-laseran juga. Cocok banget buat pacaran! Itu juga kalo punya pacar..
Ugh! Ada apa ini? Tiba-tiba gue merasa perih...
 nih taman pelangi






Terus ada... Bukit Bintang juga! Ini berbeda dengan yg di Bandung atau Lembang. Well, actualy, gue gak pernah ke Bukit Bintang Bandung. Jadi gue gak tau kayak apa di sana. Tapi kalo yang di tempat gue ini lebih kayak puncak Bogor gitu. Kita bisa ngeliat kota Yogya dari ketinggian. Di B.Bintang ini ada banyak rumah makan dipinggir bukit terjal. Ada juga yg jualan jagung bakar. Terus kalo tahun baru katanya rame banget. Soalnya pasti pada mau ngeliat kembang api dari atas. I bet it's gonna be amazing!

Check this out!

di hari biasa kayaknya juga rame. Apalagi kalo malam minggu. You know-lah, pemandangan yang keren, suasana yang sejuk, dan jagung bakar sangat cocok untuk muda-mudi yang sedang menjalin cinta. Ngeliat bintang atau lampu mobil yang hilir mudik di kejauhan... pasti seru.
 
Di tengah-tengah libur kuliah dulu gue pernah menikmati semua itu. sendirian. bukan, bukan untuk meratapi nasib. Waktu itu gue mau nulis sesuatu. Gue mencari inspirasi dan suasana baru di sini. Menulis sambil menikmati sejuknya suasana bukit bintang. Ditemani jagung bakar dan susu jahe hangat... Bahagia itu sederhana.. walau pulangnya gue harus keujanan deres banget, terus kacamata gue burem, mata gue minus, dan sempet lupa jalan pulang -____-. Aku mengerti... kebahagiaan itu adalah sesuatu yang singkat.

Tempat romantis lainnya adalah...
Nglanggeran. Ini gak romantis-romantis amat sih. Nglanggeran itu nama formasi dari Gunung api purba. Umurnya.. pokoknya sebelum gue lahir. Mungkin sekitar 5,8 juta tahun lalu. Letaknya gak terlalu jauh dari Bukit Bintang. Nglanggeran itu intrusi magma yang udah tersingkap terus beku gitu jadi gunung. Nah di atas formasi Nglanggeran ada formasi semilir. Ini juga gunung api purba kayaknya. Ada formasi lagi di atasnya yaitu formasi Sambipitu kalo gak salah. Gue lupa. Jadi Nglanggeran itu dulu udah terkubur tapi karena erosi selama jutaan tahun akhirnya tersingkap. Kayaknya sih gitu.

Nah, di Nglanggeran ini kita bisa mendaki ke puncaknya yg tingginya sekitar 700meter. 700meter tuh dari tempat parkir ya, bukan dari atas permukaan laut. Dan tempat parkirnya bukan di laut -_-. Untuk naik ke puncaknya kita harus melewati medan yang gak terlalu terjal. Tapi licin kalo hujan. Terus kita akan melewati Lorong Sumpit apaya namanya... gue lupa lagi. Pokoknya itu tuh celah diantara 2 batu gede banget. Celahnya lumayan panjang. Sekitar 20-30meter kali ya. Tapi karena ini adalah "Celah" maka lebarnya kurang dari 1 meter.




Untuk kalian yg merasa tidak percaya diri dengan tubuh kalian dan takut nyangkut di celah ini, ada jalan lain. Tapi gue gak tau lewat mana. Ada deh pokoknya. Setelah melewati celah tadi jalannya biasa aja. Cuma jalan berbatu dan berlumpur. Hingga akhirnya sampai di puncaknya.

Waktu gue ke sana di puncaknya banyak yang lagi camping gitu. Udaranya segar banget! Pemandangannya juga.... kalo pagi-pagi, di sini kita bisa ngeliat sunrise yang keren banget! Pas deh buat yang mau nembak gebetannya. Tetep sih, kalo punya -_-. Kalk agak siangan dikit, jam setengah 7an kita bisa ngeliat kota yang masih ketutupan kabut. Bagus banget!



by the way, gambar-gambar di post ini semuanya gue ambil dari google. silakan kalo mau cari yang lebih keren lagi. gambar dari hp gue jelek-jelek. jadi gapapalah ya pake yg dari google aja.

And then, kalo sore di puncak Nglanggeran kita bisa ngeliat sunset. Yaelah sunset doang. 


Tapi yang paling keren dari puncaj Nglanggeran ini menurut gue adalah kita bisa ngeliat jajaran perbukitan yang ada batunya ngebentuk 5 jari.


Gak tau kenapa bisa kayak gitu. terus ada mata airnya juga. Dan warga sekitar katanya suka ngadain upacara apaaa gitu di waktu-waktu tertentu.

Selain perbukitan, ada juga pantai. Banyak banget pantai di wilayah ini. Bagus-bagus. gue pernah ke pantai parangtritis. Sendirian. Hidup gue emang penuh dengan kesendirian. Gak usah dikasihanin -_-. Perjalanan ke pantai dari kost gue memakan waktu 1 jam 20 menit. Gue pergi ke pantai sendirian dalam rangka mencari jalan ke pantai. Udah itu aja. Karena itu begitu gue sampai di pantai, 2 menit kemudian gue pulang. Beneran. 2 menit -_-.



Tapi ya, blogs.... kalo ngomongin tempat romantis di kota Yogyakarta ini, most of all, menurut gue ada di Tugu Yogyakarta, Malioboro hingga km0.


Kenapa? Karena di tempat ini gue paling merasa pedih -___-. Di tempat ini paling banyak muda-mudi yang pacaran. Lo bayangin aja coba, kalo di tempat lain yg gue sebutin di atas gue masih bisa mengalihkan perhatian dengan menikmati pemandangan sendirian. Bodoamat sama orang-orang di sekitar. Tapi kalo di Tugu atau Malioboro gue mau ngeliat apa untuk mengalihkan perhatian gue? Ngeliatin kuda? -___-.

Dari mulai Tugu sampai km0 itu menurut gue adalah pusatnya kota Yogyakarta. Tempat ini emang jadi incaran wisata turis asing dan lokal sih. Entahlah kenapa. Mungkin karena pusat belanja dan oleh-oleh kali.

Di Tugu gue biasa ngeliat orang-orang foto-foto. Di tengah jalan. Ditonton sama pengendara yang lagi nunggu lampu merah. Di Malioboro ini tempat mereka belanja dan jalan-jalan. Dan di Km 0 itu tempat mereka nongkrong. bisa sampe pagi. Tempatnya emang enak untuk hangout. Kita bisa menikmati hiruk pikuk perkotaan dengan diwarnai berbagai kesenian di sini. Ada angklung, ada foto sama hantu-hantuan, ada yg main skate dan sepatu roda, ada pedagang, ada banci, ada satpol pp juga yg ngejar mereka.

Gue pernah lagi jalan-jalan di Km 0 dan tiba-tiba ada banci yang teriak, "eh ada PePe!" sambil lari dengan tenaga prianya. Kontras sama kepribadiannya. Terus para pedagang pada panik. Mereka langsung ngegotong dagangannya. Kadang ada yg barangnya sampe jatoh dan rusak. Kasian. tapi salah mereka juga kenapa jualan di situ. itu emang kawasan dilarang jualan. Kayak monas gitu. Tapi sayangnya... sayang seribu sayang.. kenapa orang yang pacaran gak digusur sekalian? Kenapa mereka gak dibubarin juga? Gue kan jadi sedih -_-.

Ada apa lagi ya? banyak sih tempat keren di Yogyakarta. ada Candi-candi, benteng, taman-taman. banyak deh. capek gue nulisnya kalo gue jelasin semuanya.

untuk sementara itu dulu kesan yang gue dapet dari kota pendidikan nan romantis ini. Wilayah 2 ini keren.. Berbeda dengan wilayah 1. well, itu tergantung dinilai dari segi apa dulu sih. kalo dari segi metropolitan dengan berbagai gedung pencakar langitnya wilayah 1 jelas menang.  di Yogya gak ada gedung yang tinggi-tinggi. katanya sih biar tau kalo ada erupsi merapi dan bisa segera evakuasi. mungkin gitu.

oke, blogs!
sekian dulu perngalaman gue tentang wlayah 2 ini. masih banyak hal keren yang, insyaAllah, akan gue share lagi kapan-kapan. wait for it, okay?

see you next time :)

assalamu'alaikum, blogs






1 komentar:

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented