Senin, 04 Agustus 2014

Ini Move On Versi Gue!

assalamu'alaikum

Yooow, blogs!
Apa kabar kalian semua?!
Jangan dijawab "kabar gembira untuk kita semua~" -_-. Nanti blog gue tercemar.

Kali ini gue mau... mau apa ya?
oiya, gue mau mengutarakan *kenapa bukan membaratkan, menimurkan, atau menyelatankan ya?* perspektif gue tentang masalah yg basi banget tapi masih panas, sudah menjamur tapi gak pernah diberantas, bikin susah tapi malah dinikmati. Ada yang tau ini tentang apa? Yap, Move On.
Basi banget kan? Biarin ah.  Udah menjamur di kalangan remaja juga kan? Emang.  Mungkin udah banyaaaaak banget bahasan tentang Move On di internet atau di majalah. Tapi di Blog gue belom ada. Jadi mau gue bahas. Mudah-mudahan bisa membuka sedikit wawasan kita tentang "jamur" Move On ini ya. Oke siap ya


Move On..
berasal dari 2 kata dalam bahasa inggris. "Move" itu  bergerak, melangkah dan "On" artinya menyala, di atas, maju. Jadi kalo digabung artinya tuh melangkah maju. Kalo kata-katanya mau dipanjangin gue bisa mengartikannya sebagai:
"Kondisi dimana seseorang mampu mengambil pelajaran dari masa lalu dan menggunakan pelajaran itu untuk mencapai keberhasilan di masa depan."

Yang harus kamu-kamu-kamu catat adalah gue bilang "mampu mengambil pelajaran" bukan "melupakan". Kenapa? Menurut gue kebanyakan orang salah mengartikan Move On ini. Percaya gak? Yok kita liat dari masalah remaja.. remaja melulu ya? Remaja emang banyak masalahnya makanya seru -_-.

coba deh, hoi para remaja! Kalo disebutkan kata "Move on" apa yang terbesit di benak kalian?
"Mantan, dit" i knew it.
"Bekas pacar, dit" ya, sinonim.
"Luka lama, dit" ugh -_-.

sebagian besar dari kalian, yg remaja, akan menjawab mantan.
"Haaaahhh.. mantan lagi, mantan lagi.. jangan bahas itu dong"

Oke, tenang dulu. Cause I'm gonna release you from your ex's torment!
Jangan takut sama mantan. Baik itu mantan pacar, mantan istri, mantan anggota genk alay atau apa pun itu. Karena gue belom pernah punya istri dan bukan anggota genk alay, otomatis pembahasan ini akan mengerucut ke Mantan Pacar.

Yang punya mantan pacar mana bisikannyaaa?
Gue pernah punya pacar (Cieee seorang adit pernah punya pacar! :') ).  Tapi itu sudah 6 tahun yg lalu. Kami pacaran selama... 4 bulan 19 hari. Gue masih inget :'). Gue belom move on dong? Ntar dulu.
Kami pacaran cuma smsan doang. Gak seru banget kan? Salah sendiri pacaran sama gue. Gue kan belom berpengalaman -_-. Tapi dulu gue suka bikin puisi. Awalnya sih romantis. tapi, tetep, akhir-akhirnya dibilang "Gombal". ............ gue sakit hati.... Kampret emang -____-. 

Setelah 4 bulan 15 hari berlalu. Ada konflik dalam rumah tangga kami. Gue lupa konfliknya apa. Pokoknya pas di hari ke-18 dia ngajakin temenan aja :'(. Sedih? Ojelas.. sakit hati -_-. Tapi bodohnya, gue bilang "putusnya besok aja ya? Aku mau nunggu temenku putus" -_____-. Dulu ada temen gue yg jadian sehari sebelum gue. Terus pas gue mau putus, dia juga ada konflik sama pacarnya. Jadi gue kira bisa putus sehari setelah dia. Biar keren gitu. kayak udah ditakdirkan banget.
Tapi ternyata temen gue berhasil bertahan sampai... 7 bulan kayaknya. Sementara bahtera kisah cinta gue harus kandas dalam 4 bulan 19 hari.. :'(.
ah elah.. Gue jadi sedih kan -___-.

Tapi itu belom seberapa. Kalian harus tau struggle gue buat move on kayak apa. Sebagai seorang yang rada melankolis, gue butuh... kurang lebih 2 tahun untuk Move on. Iya, 2 tahun.
Ada yg bilang "padahal pacarannya kan cuma sebentar. Cuma 4 bulan. Kok bisa sih, dit?"
Walau pun cuma sebentar tapi kalau perasaan sayang yang kamu miliki sangat besar, itu akan butuh waktu lama sampai hatimu meluapkan semuanya. Ya, kalo buat gue itu gak ada hubungannya dengan lamanya waktu pacaran. Karena gue dulu melankolis. Seneng sedih-sedih gitu makanya lama. Dan juga pastinya karena gue sayang dia. AAAAAA Gue beneran malah curhat -_____-. Sial.. gue kan jadi sedih -_-. Udahan ah...

"Lanjutin, dit! Ini seru!!!"
"ayook! Gimana elu move on?!"
"Gue mau denger penderitaan elu!"
Jahat ya kalian -___-
oke, deh. Biar kalian seneng.

Semenjak putus, seperti halnya remaja biasa, gue galau. Sendirian. Sedih.  Bedanya gue gak membuang semua kenangan kami. Gue kumpulin lagi. Mulai dari sms kami, dialog waktu putus gue susun ulang di note hp gue dulu, gambar-gambar dia, coret-coretan dan hal gak penting lainnya masih gue simpen. Oiya, hp gue yg ada dialog putusnya itu hilang. Dan you know, what? Dialog itu gue tulis ulang berdasarkan ingatan gue di selembar kertas. Kertasnya masih ada sampe sekarang. Tersegel dalam kotak hitam di kamar gue bersama kenangan lain.
Does it mean i'm not moving on yet? No.  It's not like that.

Kebanyakan remaja akan menjauh dari mantan. Gue juga kok. Gak tau alasannya kenapa. Tau-tau kita udah menjauh dari orang yg pernah kita sayang. Entah bagaimana kita jadi alergi sama mereka. Berusaha melupakan mereka. Bahkan sampai ada yg benci. Kenapa harus begitu?  Apa karena pas putusnya gak secara baik-baik? Aneh ya. Gue sih putusnya baik-baik aja. Walau pun alasannya masih gak jelas sampe sekarang. gue juga gak akan menuntut alasannya seperti kalian menuntut kepastian atas hubungan kalian. Hohoho. Tapi beneran deh. Kenapa sih harus ngelupain orang yg pernah berharga di hidup kita? Habis manis sepah dibuang banget. Mereka udah membuat kita mencicipi kasih sayang loh. Selain dari keluarga tentunya. 

Terus ada juga yg menggunakan parameter move on itu dengan melihat apakah seseorang itu udah dapet pengganti atau belum. -___-. Jadi seseorang dibilang berhasil move on kalo dia udah punya pacar baru.. TERUS GUE YANG UDAH 6 TAHUN BELOM PUNYA PACAR INI GIMANA?!!! -______-.
aditnya ngambek -_-

Plis deh. gak begitu. Gue udah move on setelah 2 tahun berlalu. Tanpa harus ada pengganti. Tanpa harus melupakan dan membenci. walau tetap sudah menjauh. Iya, yang gue sesali dan gak mengerti adalah kenapa harus menjauh. Ini ngebuat gue trauma sama yg namanya pacaran.

Jadi apa yg terjadi selama 2 tahun perjuangan itu? Kayak yg gue bilang. Awalnya gue sedih, galau, gundah, menderita -_-. Tapi juga ada perasaan seneng. Gak tau kenapa. Was it a feeling of freedom? Mungkin.

Waktu-waktu berikutnya gue memendam semuanya sendirian. Larut dalam duka akibat kehilangan. Ada lubang di hati. Pecahan hati gue terampas dan tidak lagi utuh. Layaknya bulan sabit yang rindu bercermin pada  purnama. Seperti itulah hatiku yang kehilangan dirimu :')
ini gue ngapain sih -_____-

Jadi gue memendam semuanya sendiri. Bukan karena gue gak punya teman untuk berbagi. Gue cuma pengen larut dalam kesedihan aja. Ini kesalahan gue. Ini yg bikin gue lama banget buat move on. sebagian orang mengira kalau mereka curhat mereka akan membuka luka lama. Iya, memang. Tapi saat itulah luka itu perlahan diobati. Ibaratnya kalo lu punya luka, terus dicuci pake air terus ditutup hansaplast. Lukanya kan malah jadi busuk. Lukanya butuh udara juga. Begitu pula dengan luka di hati. Udah dicuci pake air mata, jangan langsung ditutup dengan kesendirian. Nanti malah busuk. Harus sesekali dibuka. Biar kena udara. Inget udaranya yang bersih. Means curhat ke orang yg bisa dipercaya. Jangan ke udara kotor. Nanti malah makin busuk. 

Jadi gue mulai move on saat temen-temen gue menanyakan masa lalu gue. Mulai membuka perban luka di hati gue dan membuat luka itu sembuh. (Ini kok lebay banget ya? -_-). Sama halnya kayak gue curhat tadi. Sedih sih. Gue juga jadi keingetan lagi sama dia. Tapi gue juga jadi lega. Lagi pula ini juga gak terasa sedih-sedih banget. Malah cenderung lucu. Iya, kan?

Dari masa lalu gue, gue belajar. Pacaran itu gak cuma smsan -_-, gak perlu sering-sering pake puisi romantis gombal-gombal gitu (tapi gue tulus kok -___-), gue juga belajar untuk terbuka dan gak memendam semuanya sendirian. Gue temukan caranya mengobati luka hati yg cukup cepat. Yang paling penting sih gue belajar untuk gak membuang kenangan.

Sooooo! Apa kesimpulannya?
apa ya? Kalian simpulin sendiri aja ya. Jangan manja ah. Udah remaja kan? Udah bisa mikir? Bagus.
Kalau menurut gue, belajar dari masa lalu itu artinya belajar dari pengalaman. Pelajarannya sangat berharga. Orang yg hadir dalam masa lalumu adalah orang yang berperan dalam menjadikan seperti apa dirimu saat ini. Dan orang yang hadir dalam hidupmu saat ini adalah orang yang berperan dalam menjadikan seperti apa dirimu di masa depan. Perlakukan mereka dengan baik. Jangan pernah lupakan kebaikan mereka. 

Seriously, JANGAN LUPAKAN KEBAIKAN ORANG-ORANG DI HIDUPMU.

Kenapa gue capslock? Karena 1 kebaikan itu dilipatgandakan jadi 10 kebaikan. Sedangkan 1 kesalahan itu nilainya tetap 1 kesalahan. Itu di mata Tuhan. Jadi 10 kebaikan itu senilai dengan 1 kesalahan. Tau artinya kalau diliat dari mata manusia? Seseorang dibilang baik kalau dia melakukan 10 kebaikan dan seseorang bisa dikatakan buruk hanya dengan 1 kesalahan. Jadi berhati-hatilah.

Terakhir pesan gue dalam postingan ini untuk kalian semua:
Jangan buang-buang mantan karena nggak semua orang gampang mempunyai mantan!
*Curhat-__-*

udah ya?
insya Allah, bermanfaat :)
assalamu'alaikum, blogs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented