Selasa, 26 Maret 2013

The Way We Learn

Assalamu'alaikum blogs!!!
kami tak perlu menanyakan kabar kalian, karena kami hanya perlu berharap semoga kalian baik-baik saja ya.
Anyway, mumpung udah selesai UN, kali ini gue mau sharing lagi. Tentang apa? Tentang cara belajar. Oke, check this out!
Belajar.. apa sih yang ada di pikiran kalian begitu mendengar kata "belajar"? Males ya? Bosen? Capek? Gatel-gatel? Bentol-bentol? Sesak napas? Mata merah karena iritasi ringan? -__-. Oke ini gak penting.
Belajar.. kewajiban seorang pelajar yg mungkin cukup ngebosenin bagi pelakunya. kalian bosen gak? Mungkin bukan bosen, tapi males. Sebagian besar orang yang gak sadar pentingnya belajar pasti males. Gue juga kok. tapi bukan berarti gue gak ngerti pentingnya. Gue cuma males.
Lalu, apa sih pentingnya belajar itu?

"Biar pinter, dit"
"untuk masa depan nan indah dan cemerlang, dit"
"biar gampang nyari kerja"
"Biar jadi orang yang berguna"
"Untuk mencapai cita-cita"
"Biar pinter dan bisa mencapai cita-cita lalu bekerja sebagai orang yang berguna demi menggapai masa depan nan indah dan cemerlang, dit. Oiya, plus mudah dapet jodoh juga"
-_________-.
Sebagian besar orang pasti akan menjawab hal yg sama bila ditanya kegunaan belajar.
Buat gue kegunaan belajar itu....
untuk menguak misteri yang ada di dunia serta mengajarkannya kepada generasi berikutnya. Selain itu... Biar pinter dan bisa mencapai cita-cita lalu bekerja sebagai orang yang berguna demi menggapai masa depan nan indah dan cemerlang serta mendapat jodoh
=_________________=
Anyway, setiap orang punya cara yang berbeda dalam belajar. Ada yg harus sendirian di tempat sepi, belajar kelompok, sendiri tapi pake musik, kelompok tapi pake musik, sambil ngulek sendirian, sambil ngulek tapi pake musik macem-macem deh.
Ada yg tinggal sekali baca langsung ngerti, Ada yang dibaca lalu harus ditulis ulang, ada yang pake hafalan cepat atau rumus cepat kayak di tempat les, ada yang harus berkali-kali baca baru ngerti, ada yang berkali-kali baca gak ngerti-ngerti, ada yang sekali baca langsung pingsan -_-.  Kalian yang mana?
Gue bisa semuanya. Kecuali yg sambil ngulek -__-. Tapi dari semua cara itu, yang paling efektif buat gue adalah belajar sendirian. Ibaratnya di game online. Kalau gue ngalahin monster sendirian, exp yang gue dapet lebih banyak daripada harus nge-GB. Tau GB gak? Itu tuh party atau ngelawan monster bareng-bareng nanti expnya dibagi-bagi buat player lain.
Efektifitas belajar gue juga tergantung dari mood. Susah ngumpulin mood gue loh. Harus dipaksa. Yang maksa siapa, dit? Bukan orang tua. Yg maksa... siapa lagi kalau bukan Urf -_-.
Ini dialog gue sama urf waktu mau belajar.
urf: hari ini elu harus belajar ***, dit.
Me: iya, nanti. Pelajarin apanya?
urf: elu yg kurang apanya?
me: menurut lu apa?
urf: malah balik nanya.. pelajarin teorinya aja.
Me: tentang apa?
Urf: semuanya.
Me: capek, males, ngantuk.
Urf: udah kerjain aja. Gak boleh ngeluh. Pokoknya harus belajar buat kepentingan elu juga.
Me: iya iya..
Begitu waktunya belajar...
Urf: dit, udah jam segini. Cepetan belajar.
Me: nanti dulu.
Urf: cepetan. Jangan malah tidur-tiduran.
me: yaelah santai aja.
Urf: santai tapi jangan malah twitteran.
Me: ah bawel ah.
Urf: makanya elu belajar.
Me: nanti. Eh, urf, kalo menurut elu orang ini gimana? *Merhatiin tl orang*
uff: kalo menurut gue elu harus belajar.
Me: bawel ah, urf.
Urf: elu yg bawel.
Me: diem, kampret!
Urf: elu yg kampret, kampret!
Me: udah ah. Ada sms.
Urf: adiiit, belajar, diiiit.
Me: sabar dong.
Urf: gue ngambek nih.
Me: gih sana. Elu kan lucu kalo lagi ngambek.
Urf: kampret!
Me: elu yang kampret, kampret!
Repot ya? Iya, gue kalau mau belajar ya begitu. Nunda waktu melulu. Kalau gak bener-bener dipaksa gue gak bakal belajar. Kecuali kalau gue ngerasa perlu banget buat belajar. waktu mau UN juga gak beda jauh. Semangat gue cuma naik dikit doang.
Tapi biasanya setelah debat sama urf, akhirnya gue belajar kok walau pun gak semangat.  Nah, lain halnya kalau gue udah mood buat belajar. Berasa ada aura terpancar dari tubuh gue, terus mata gue berapi-api, daya pemahaman gue meningkat, kecepatan berpikir maksimal, waktu seakan berhenti saking cepatnya gue memahami soal. Puncaknya, gue ketiduran -_-.
Belajar memang bisa ngebuat jenuh. Untuk itu gue punya cara buat ngelawan "monster belajar" ini.
1. Gue ganti kata "belajar" dengan "main".
Menurut gue, lebih asik nyebut "main fisika", "main integral" dan sebagainya. Kenapa? Karena dengan ini gue menganggap belajar itu hal yg mudah. Main itu kan kesannya kegiatan yg menyenangkan. Jadi dengan ini mudah-mudahan pelajaran yang gak kita suka jadi menyenangkan untuk dimainkan.
2. Libatkan imajinasi.
Penting nih biar gak jenuh. Gue menganggap belajar itu kayak game untuk nyelesain quest. soal dan ujian adalah monster yg harus dilawan. Gue punya skill keren untuk ini.
-Sks. Sistem kebut sesaat.
Dipakai kalau waktu sangat sedikit. Ini butuh daya paham dan ingat tingkat tinggi. Cocok buat ulangan dadakan atau gak ada waktu buat belajar.
-95% accuracy.
Skill pas UN smp. Cukup liat soal dan langsung jawab. Bukan asal. Bukan cara TEPIS juga. Ini perhitungan super cepat di otak. Jadi data yang ada di soal langsung direspon otak dalam hitungan nano seconds -_-. Walaupun namanya "95% accuration", tetep aja gue sering ceroboh. Karena perhitungan ini gak menyelesaikan soal sampai bener-bener selesai. Cuma mengolah sebagian data soal lalu langsung jawab.
-sugesti sel.
Iya, sugesti. yg disugesti adalah seluruh sel dalam tubuh. Bukan sekedar diri sendiri. Ini untuk maksimalitas kemampuan dan kondisi tubuh. Biasanya kondisi gue langsung baik. Ini keren. Seolah tubuh gue adalah kerajaan. Pikiran gue adalah rajanya dan seluruh sel dalam tubuh gue adalah prajurit yg bisa gue perintah. Ini lebih asik daripada sugesti diri sendiri. Cobain deh. Perintahnya terserah kalian. Tapi jangan memerintahkan seluruh sel untuk bermutasi ya -__-.
-sword of knowledge.
Skill pengetahuan umum. Untuk mempelajari hal sepele yg ternyata sangat rumit. Contohnya, kenapa api padam bila disiram air? Kenapa kerupuk melempem? Dan lain-lain.  Kuncinya sih banyak membaca biar skillnya makin keren.
-breaking the seal.
Ini susah. Baru gue pake sekali. Skill untuk melampaui batasan. Disini harus belajar bener-bener serius. Waktu istirahat berkurang. Bukan cuma belajar, ibadah sangat diperlukan juga di sini. Capek memang. Tubuh bakalan ngedrop tapi efeknya keren banget! Kemampuan bakal meningkat pesat. Melampaui batas sebelumnya. Pokoknya keren deh.
-Adrenalin rush.
Skill passive. Hanya bisa dipakai dalam kondisi tertentu. Misalnya pas waktu untuk mengerjakan soal tinggal sedikit dan masih banyak yang belum dikerjakan. Rasanya tuh kayak dalam kondisi terdesak. Akhirnya? Mau gak mau gue harus buru-buru. Dengan Adrenalin Rush kecepatan pikiran gue meningkat. Kecepatan tubuh juga, dalam hal ini tulisan ya. Iya, tulisan gue jadi lebih dahsyat. Gak kebaca -_-. Tapi ini keren. Kondisi tubuh dalam keadaan luar biasa. Kalo gue sih biasanya gemeteran terus berasa panas gitu. Ini sering terjadi waktu disuruh cepet-cepetan ngerjain soal. Sayangnya, karena kecepatan meningkat, kecerobohan pun meningkat. Jadi agak repot. Tapi ini tetep keren.
Selain itu semua, gue punya skill lain tapi gak usah dijabarkan karena kebanyakan.
3. Tetapkan tujuan.
Tujuan kalian buat belajar itu apa? Plis jangan jawab kayak di awal posting ini -_-.
Tujuan bisa jadi semangat buat belajar. Ada orang yg belajar demi orang lain. Contohnya yg paling gampang ya buat orang tua. Ada juga yang demi diri sendiri. Macam-macam.
Tujuan gue apa? Dulu gue belajar supaya punya banyak teman. Gue berpikir kalau gue pinter, gue akan diandalkan. Mungkin lebih kearah dimanfaatkan untuk dicontekin. Awalnya gak masalah. Tapi lama-lama rasanya gak enak. Karena gue ngerasa mereka gak berjalan di jalan yg sama dengan gue. Mereka mencapai tujuan dan hasil yang baik dengan memanfaatkan kemampuan gue. Di satu sisi gue emang jadi punya banyak teman. Tapi di sisi lain bukan orang macam mereka yang gue harapkan sebagai teman. Karena itu gue ganti tujuan gue. Yaitu untuk mengukur kemampuan diri sendiri. Mengetahui batasan gue. Nyari batasan ini susah loh. Bahkan gue beranggapan selama kita memiliki kemauan dan usaha untuk mengejar batasan kita, batasan itu akan semakin jauh. Which mean, infinity!
Oke, blogs. Masih banyak lagi cara ngebuat belajar itu jadi menarik kalau mau ditelaah. Kalian mungkin punya cara sendiri.
Gue kasih tau ya, blogs.
Untuk mendapatkan sesuatu, kita harus mengorbankan sesuatu. Pengorbanan paling murah sekaligus paling mahal itu adalah waktu. Kenapa? Karena kita hidup di lintasan waktu.
Coba pikirin sendiri artinya ya.
Yang jelas dengan mengorbankan sedikit waktu, kita bisa mendapat banyak hal. Tapi dengan sedikit hal kita bisa mengorbankan banyak waktu. 
Pokoknya manfaatin waktu sebaik mungkin untuk hal yang penting. Salah satunya ya... buat belajar -_-.
Baiklah, blogs.
Itu aja buat kali ini.
Selamat siang, blogs~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented