Kamis, 21 Maret 2013

Journey: Camping ground!

Assalamu'alaikum

Kali ini gue gak perlu nanyain kabar kalian ya. Kan baru gue tinggal sebentar.
Udah baca post sebelum ini, kan?
Nah, gue mau lanjutin ceritanya. Simak yap!

setelah kami berlima melarikan diri dari sang pangeran, kami tiba di lapangan yang agak luas. Lapangan ini di kelilingi hutan pinus. Lokasinya deket destinasi pertama gue dulu yaitu di curug Buluh. Tempat camping ini adalah pos pertama pendakian ke puncak gunung salak. jadi kawasan gunung bunder itu termasuk ada di gunung salak. Apa bukan ya? untuk camping di sini harus bayar 10ribu/orang. Lumayan murah, kan? iyalah.
Waktu menunjukan pukul 16.24. Sekitar segitulah. Kami survey lokasi sebentar buat nyari sumber air. Dan ini dia sumber air kami
 




Air gunung yang ngalir ini bisa di minum langsung. Enak loh. Segar gitu.
Terus untuk toiletnya, di deket situ sih ada toilet kecil dari kayu sama terpal. Tapi airnya sedikit. Toilet yang normal harus jalan sedikit lebih jauh. Kedua toilet ini gak ada lampunya. Jadi kalau malam tiba dan ada yang mau ke sana, ini akan agak repot. Kenapa? Karena jalan ke sana bakalan gelap banget. Gak ada lampu buat penerangan di hutan ini. Yang ada cuma flashlight hp, senter yang kecil banget, sama korek api. Gak ada yang bawa lampu darurat.


Setelah survey tadi, kami mulai mendirikan tenda.








and this is it, our camp
 




Abis itu kami ngebuat jalur air di sekekiling tenda. Katanya sih biar airnya gak menggenang kalau hujan. Gue gak ngerti soalnya baru pertama kali camping. Gue turutin ajalah.

Semua beres sekitar jam 5 dan  bateray hp gue menunjukan angka 47%. It means bateray hp gue cukup boros. Padahal cuma dipake buat foto-foto. Yah gak masalah sih. Gue bawa charger portable.
Kami sempat foto-foto lagi dong. Mumpung belum malam.
 






Terus dona ngambil kayu bakar, radit nyiapin peralatan masak dan yang lain nebarin garam. Tau kan itu buat apa? Biar gak ada ular. Ular gak suka asin. Eh emang iya ya? Pokoknya gitu deh. sedangkan gue.... gue melakukan pekerjaan tersulit! Menjahit tas gue yang putus!! -____________-. Gak elit banget. Gara-gara isi tas gue kebanyakan nih. Gue menggunakan tehnik tusuk feston. Ini ajaran mulok kelas 7. Gue sering gak masuk pas pelajaran tata busana dulu. Tapi ternyata ilmunya gue pake sekarang. Lalu selesai. Hasil jahitannya gak rapih tapi lumayan kuat.

Abis menjahit gue shalat dulu. Shalatnya di dalam tenda. Setelah itu baru beres-beres. Menjelang maghrib, udah mulai gelap nih. Suara hewan malam mulai terdengar. Ada suara kodok, jangkrik, burung, dan aoa. Apa itu aoa? Gue belum pernah liat. Suaranya ya "ooaaaaa!" gitu deh.
Terus kami mengambil air wudhu lagi di sumber air tadi buat shalat maghrib sampai isya. Diusahain jangan sampai batal. Soalnya ya kalau pas isya pasti udah gelap banget. Kali ini shalatnya di luar pakai matras. Setelah shalat, sembari menunggu isya, gue berusaha nyalain api unggun. Ini lama banget. Sampai tiba waktu isya, apinya belum nyala. Jadi gue tinggal shalat dulu. Setelah itu baru nyalain lagi. Sementara itu si radit masak air buat bikin teh sama pop mie. Masaknya di kompor kecil yang menggunakan gas botolan. Gue baru tau ada gas botolan yang kecil.

Api masih belum nyala. Suasananya udah gelap banget. Penerangannya masih pake hp dan senter kecil tadi. Bateray hp gue udah low banget. Rencananya baru mau gue charge besok buat foto-foto lagi.

Waktu menunjukan pukul 20.14
Masih belum nyala api unggunnya. Sayang sekali gak ada yang bawa minyak tanah. Untuk mengatasi ini, kami menggunakan bensin motornya wawan. Karena gak bisa dialirkan lewat selang bensin, jadi ngambil bensinnya dicelup gitu. Awalnya ranting kecil yang dipakai lalu dioleskan ke kayu yang besar. Nyala sih cuma sebentar. Kayu yang besarnya gak kebakar. Daun kering bisa kebakar tapi cepet matinya. terus menerus begitu hingga kami menemukan kanebo motor. Tau kanebo gak? Itu loh yang buat ngelap motor kalau abis dicuci. Kami gak tau itu punya siapa yang jelas tercetus ide untuk memasukan kanebo itu ke tanki bensin. Biar bisa menyerap bensinnya lebih banyak buat bakar kayu.

Begitu api dinyalakan dan diteteskan bensin dari kanebo tadi, apinya besar. Tapi gak tahan lama. Akhirnya kanebonya kebakar. Setelah kanebo, kami mencari kain lain. Kaos kaki gue -__-. Iya, gue mengorbankan kaos kaki untuk kehangatan sesaat dari api unggun ini. Kaos kaki yang dibakar itu sepasang dan dapat menghasilkan api yang lumayan besar. Ini terjadi karena pembakaran sempurna. Perlu gue tulis reaksi kimia dari pembakaran kaos kaki gak nih? Gak usah deh. Yang jelas gak ada bau-bau tidak sedap gitu kok.

Selama menyalakan api ini, kami juga sekalian makan malam. Apa makan malam kami? Beef steak, dimsum, udang goreng tepung, cumi lada hitam, dan banana split   -___-. Nggak deng. Malam itu kami merasakan kenikmatan makan bakso sama ayam gulai. Gimana masaknya, dit? beli pop mie rasa itu aja. Cukup kok. Makannya itu bergiliran. Jadi gantian gitu.

Kembali ke api. Api ini udah mulai padam sejak tadi. Kaos kaki gue gak berpengaruh banyak.
"Ada yang mau dikorbanin lagi gak?" Tanya wawan. Gue menjawab, "Celana pendek gue aja". Serius, celana pendek gue juga dibakar untuk ini -___-. Sebelum dibakar, dirobek-robek dulu. Biar jadi banyak. Alhasil, api besar tercipta dan bisa bertahan lebih lama. Semua berkat celana gue -_-.

Kami ngobrol di depan tenda sampai sekitar jam 10 malam. Begitu celana unggun gue padam, suasana menjadi gelap. Langit malam sepertinya mendung. Terimakasih karenanya gue gak bisa ngeliat bintang. Gue gak bisa nyasar dan mencari arah berdasarkan  rasi bintang yang membimbing gue kepada resolusi nomor 5. Padahal kan nantinya keren. Gue ngeliat dia duduk sendirian, terus gue mengendap-mengendap mau ngagetin, pas gue siap ternyata dia menghilang dan malah dia yang ngagetin gue-_-. Lalu kami duduk di bawah pohon. Ngobrol-ngobrol gitu. Abis itu kami ngeliat bintang jatuh sama-sama. Dan setelahnya dia mengucapkan, "Meski suatu saat kita terpisah jauh, ingatlah bintang jatuh pada malam ini. Meski tiada harap yang terucap olehku saat ini, aku ingin kau bahagia. Meski saat itu aku tak ada di sampingmu, kau tak akan sepenuhnya sendirian.. karena kita berada di bawah langit yang sama.." -you :'). *asli ngarep*
*Sumpah, ngarep banget* -_____-. Andaikan beneran ada.............. mudah-mudahan ada.

Kembali lagi, gue tidur sekitar jam setengah 11. Dingin banget. Satu tenda itu ditempati kami berlima. Itu udah lumayan enak. Walaupun agak sempit, tapi ini hangat. Cara biar hangat itu senderan ke temen aja. pake jaket sama selimut juga. Pokoknya gitu deh.

Gue kebangun jam 3 lewat. Kayaknya waktu itu lagi hujan deh soalnya gue nyium bau kawah gitu.
Terus gue denger suara "wohohoho!" Sejenis suara cowok ketawa. Ini bukan santa claus -____- pasti bukan. Atau mungkin bukan ketawa, tapi ngerasa exciting gitu kali ya? Kan biasanya kalo lagi seru gitu suka teriak "wohoo!" gitu. Gue denger itu 4 kali. Suaranya ramai. Kayak banyak orang. Emang sih sebelumnya ada kelompok mahasiswa yang ke arah jalur pendakian. Mereka juga mau ngecamp mungkin juga sekalian ada ospek gitu. Jadi kemungkinannya itu suara mereka lagi direndam di air terjun. Tapi jarak air terjun  ke tenda gue agak jauh jadi ya gitu deh. Apakah ini termasuk misteri? Terserah kalian sih mau menganggap ini apa. Yang jelas waktu itu gue ngantuk jadi gue gak peduli dan melanjutkan tidur.

Gue kembali terbangun pukul 4.18 sesuai alarm. Dingiiiin. Hujan sudah berhenti. Gue cuma tidur-tiduran. Yang lain masih tidur beneran. Jam setengah 6 kurang gue shalat. Caranya? Tayamum pake debu di tenda terus shalatnya duduk. setelah itu gue ngebuka resleting yang berperan sebagai pintu tenda. Udara dingin langsung masuk. Jam segitu masih lumayan gelap loh. Gue bengong doang nungguin sampe terang. Lumayan lama. Perlahan mulai terang. Gue masih nunggu. Belum ada yang bangun lagi. Namun tiba-tiba..... ada hal yang memaksa gue harus keluar tenda. Apa itu? Ada yg kentut -___________-. Kampret banget! Itu tenda berisi 5 orang udah cukup buat pembagian oksigennya. Sekarang oksigennya harus tercemar sama gas menjijikan? Lagi pada mimpi apaan sih?! Mimpinya kayakya seru banget ya sampe kebawa ke dunia nyata gitu -__-. 

Alright! I quit! Gue pun keluar tenda. Udah agak terang sih tapi dingin banget. Gue gak pake jaket karena repot ngambilnya. di luar tenda gue cuma jalan-jalan. Menikmati udara pagi yang kelewat sejuk. Ada suara burung-burung gitu. Mereka berkicau merdu seakan berkata, "selamat pagi, wahai adit. Selamat menikmati pagi yang cerah ini. Jangan lupa sarapan terus nanti pakai jaket biar tidak dingin. Semoga harimu menyenangkan". selain burung, ada suara Aoa yang berteriak seakan berkata, "siapa sih yang kentut?! Gak tau diri banget! Mencemari udara gunung aja" -__-.
Jam 6 kurang baru yang lain bangun. Mereka menikmati segarnya udara pagi tanpa tau apa yang gue alami di dalam tenda -_-.
Abis itu gue, wawan, widya pergi ke curug buluh. Ini air terjun terdekat dari tenda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented