Sabtu, 03 Maret 2012

everybody changes, so what?!

Assalamualaikum blogs!

Ehem udah lama gak posting biasa lagi ya. Semenjak 2 cerpen sebelum ini.. Bukannya males posting, cuma... Yah sedang gak ada topik untuk dibahas. Tapi jangan khawatir, jangan sedih, jangan gundah! Kenapa? Karna kami hadir kembali dalam kemasan baru -_-.

Oke mumpung lagi niat ngepost nih, ada yang mau gue bahas. lihat judul posting ini.
''everybody changes, so what?''

Iya jadi ini nggak jauh-jauh dari salah satu masalah remaja yaitu mencari jati diri. Gini, kalian punya temen kan? Masih ingatkah kalian dengan teman SD kalian dulu? Atau teman SMP? Atau sekedar teman rumah? Kalo gak punya... Get a life, coy! Kasian.
inget gak gimana tingkah mereka dulu? Sikap mereka? Candaan mereka? Dan hal-hal tentang mereka? semua tentang mereka saat kalian main bersama dahulu.
setelah sekian lama nggak ketemu, nggak kontakan, gimana sikap mereka? Berubah nggak? Kalo menurut gue sih pasti berubah.
Ada yang jadi pinter, jadi lebih pendiam, lebih gaul, nakal, yah macam-macam.

Gak perlu nunggu bertahun-tahun berpisah, yang sama-sama kita juga perlahan berubah. masing-masing dari kita akan mendapat pola pikirnya sendiri-sendiri. Ada yang sama ada yang beda.. Pro dan kontra.. Positif dan negatif.. Yin dan Yang.. Kayak ikan koi di avatar -_-.
hubungannya sama ikan koi? Gak ada sih, cuma tadi pagi gue abis makan ikan...bandeng -__-.
Oke gak penting.
Lanjut..
jadi intinya tuh semua orang akan berubah. menjadi lebih baik atau jadi kurang baik. Itu sih tergantung gimana kita menghadapi masalah yang ada.
Jadi perubahan ini sebagian besar dikarenakan masalah yang dihadapi. Cobaan yang udah dilalui. Ada yang menyerah dan nerima semua cobaan itu begitu aja. Tapi ada juga yang berusaha menyelesaikan cobaan itu. Kalau dari gue sendiri, misalnya lagi ada cobaan dan capek banget, si urf pasti bilang ''lo pikir lo diizinin buat nyerah? Nggak!!!''
Dan gue harus semangat lagi. Padahal udah capek-_-.

Selain ini, perubahaan pada diri seseorang juga karena lingkungan.
Ini udah jelas ya.. Pergaulan segala macem pasti berpengaruh. Terus belum lagi kalau dipergaulan kalian ada yang suka nebar fitnah atau ngegosip yang belom pasti.. ini kan bisa mempengaruhi pandangan kalian terhadap seseorang yang difitnah. Ini namanya doktrin. Pola pikir seseorang bisa ditularkan! Jadi hati-hati dalam bergaul.

Ya ada banyak faktor yang menyebabkan perubahan.. Pikir aja sendiri.

Terus kalian memperhatikan tidak? do'a yang diberikan waktu ultah? Atau suatu kelompok?
Jaman dulu do'a itu banyak yang baik-baik. ''semoga panjang umur, sehat selalu, makin dewasa'' dan sebagainya. Jaman sekarang: ''keep gila \m/, makin autis ya, tetep biadap, makin rusuh'' dan sebagainya -___-. well, nggak semua begini kok. Tenang aja. masih banyak yang do'a yang baik sekarang ini. Tapi kan.... Kalo diliat dari doa macam sekarang itu.... Oh my.. Kasian yang dido'a-in ya.
Tapi ini juga tuntutan pergaulan dan biasanya yang begini orangnya malah saling akrab. Ya jadi gak masalah. Tapi tetep aja do'anya gak begitu juga kali -_-.
Terus dari kelompok gitu. ''kelompok gua keren, orangnya idiot semua, rusuh semua, kelompok gue gak ada yang gak autis'' did you ever hear or see something like that? Jaman remaja mah yang begini banyak. Biar keren atau asik atau solid. Wajar? Ehem wajar kok. Mereka ketemu temen-temen yang asik dan seru. Tapi.. Identitas kelompok gak perlu sampe begitu deh kayaknya. kasian anggota kelompoknya yang normal -_-.

Ada banyak contoh perubahan orang-orang disekitar kita.
sebagai remaja, gue juga berubah dong. Tapi bukan berubah wujud -_-.
dulu gue males-malesan sekolah, pengennya bolos. Tapi sekarang disuruh bolos buat diajak jalan-jalan aja gue males banget. Gak mau bolos dan pengen sekolah.
Dulu semangat kalo main sama temen-temen rumah, jalan-jalan. Dulu gue jadi pimpinan mereka loh. tapi sekarang pengennya di rumah, males main sama mereka. Dan gue jadi mantan pimpinan -_-.
Dulu pendiem, sekarang lebih aktif. Dulu mikirin pacaran, sekarang mikirin pelajaran -____- bohong deng.
Pokoknya banyak perubahan yang disadarin dan gak disadarin. Gue cuma ngasih contoh kecil dari diri gue sendiri.

lets see teenager universal problems.
Ada 1 hal dari remaja yang gue perhatikan.
''lo berubah, gue kangen lo yang dulu!'' pernah liat kan yang intinya begini? Banyak kok di twitter sama status fb. Kayaknya tentang ini, Gue pernah nyinggung dikit ntah di posting yang mana.
jadi menurut gue banyak orang yang gak nerima perubahan orang yang pernah berharga dihidupnya.
Kangen masa-masa waktu mereka bersama. Kangen sikap yang diterima waktu sama-sama dulu. Gak usah jauh-jauh,
halo kalian yang pernah pacaran tapi udah putus :)
Halo juga yang masih berharap balikan tapi gak kesampean:)
Halo juga yang berharap bisa mengulang waktu :)
Yah halo semua :).

Biasanya sih yang diatas yang masih sulit nerima perubahan orang yang berharga untuknya. Kecuali yang terakhir -_-. ''halo semua :)'' itu sapaan buat kalian :).
Contoh diatas itu mungkin lagi kangen masa diperhatiin, masa-masa dimanjain dan lain-lain tapi sekarang orang yang memperhatikan dan memanjakan mereka udah berubah. Udah gak begitu lagi.
penyebabnya? Putus, lost contact, kangen deh.
Wajarkah? Wajar kok. Dulu gue juga begitu. Ini wajar karna saat mereka berubah, saat itu rasanya kita kehilangan sosok mereka. Sedih? Sedihlah. Kangen? Ya kangen.
Berharap mereka balik kayak dulu lagi. Perubahan dari seseorang yang sulit buat diterima. Lama-lama yang ada malah ilfeel, benci, nyesel, dan lain-lain.
Kalau kita nggak bisa menerima perubahan seseorang, perubahan itu akan ngerubah diri kita sendiri. Biasanya malah jadi negatif. Hati-hati.. perubahan negatif itu susah buat disadarin. Apalagi dihilangkan.
Mungkin ada orang yang menginginkan kita tetap seperti dulu, tetap seperti waktu sama-sama mereka. Enak gak sih? Enak dong, berarti ada yang kangen. Tapi
tetep aja sulit buat nahan perubahan itu.

tapi kalau kita nerima perubahan mereka apa adanya, sekali pun perubahan mereka ngebuat kita saling jauh, perubahan itu malah akan ngebuat kita jadi positif.
Kita menerima mereka sebagai diri mereka sendiri. Gak mengekang mereka untuk berubah, gak egois untuk selalu meminta mereka jadi apa yang kita inginkan.
Dan dengan begitu, kita mendapat pelajaran baru.. tentang keikhlasan.
Ikhlas menerima perubahan mereka. kalau perubahan mereka jadi baik ya alhamdulillah.
Kalau mereka jadi lebih buruk, bersyukur kalian pernah bersama mereka di waktu yang baik dan ikhlas menerima mereka sebagai diri mereka sendiri sekarang.

''lo berubah.. tapi selama itu adalah diri lo sendiri, buat gue itu cukup''

Oke jadi posting gue ini intinya: jangan menahan perubahan seseorang untuk jadi diri mereka sendiri.
Kalau mereka emang berubah gak sesuai yang kita mau, terus kenapa?
Terima aja perubahan mereka.

Yah kurang lebih begitu. Oiya, perubahan seseorang kalau jadi buruk banget jangan didiemin juga, diarahkan jadi lebih baik. Bukan ditahan.
Tapi pasti ada yang pro dan kontra dengan ini. Wajar? Wajarlah. Lagipula ini menunjukan polapikir gue yang sekarang. Pola pikir kedepannya mungkin beda lagi.

jadi ''everybody changes, so what?''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented