Rabu, 14 Januari 2015

Pelajaran dari Ketinggian

Assalamualaikum, blogs!

Cukup! gak ada lagi nanya-nanya kabar! bodoamat kabar kalian mau gimana. Who cares? I do! kabar kalian gimana? plis ada yang jawab kek gitu sekali--sekali -___-. masa gue doang yang perhatian dengan kabar kalian? perhatian gue bertepuk sebelah tangan...

anyway, kali ini gue mau cerita tentang..... Liat labelnya gak? Traveling!! Yeay! 
Kemana gue traveling kali ini? ini mau gue ceritain.

So, beberapa waktu lalu gue baru habis travel ke Merbabu. tau gak merbabu itu apa? itu gunung. temenya Merapi. eh gak tau juga sih mereka temenan atau nggak. pokoknya mereka deketan. Rencana untuk naik ke Merbabu ini udah lama banget. sekitar seminggu yang lalu. tadinya gue mau naik sama temen gue. berdua doang. tapi tiba-tiba dia ragu gitu. akhirnya dia membatalkan diri dan gue mencari temen gue yang lain yang mau naik. daaaan tentu saja ada. kalo gak ada gak bakal gue buat post ini.


 

singkat cerita, gue berangkat hari selasa tgl 13 januari 2015. naik motor. bersebelas orang. tapi satu motor berdua. kan gak mungkin bersebelas -_-. Oiya, beberapa hari sebelumnya gue gak melakukan persiapan apapun. gak pake jogging, push up, sprint, angkat beban, adu panco, atau pun lomba makan kerupuk. Gue juga baru packing 4 jam sebelum keberangkatan. Dengan pengetahuan gue yang minim tentang cara mendaki yang baik, gue persiapkan diri gue sesuka hati. And, That's my first mistake.

Kami berangkat dari Yogya pukul 14.00. Di awal perjalanan ini hujan mulai turun. cukup deras membasahi bumi. padahal 2 hari sebelumnya cerah loh. Walau hujan, kami tetap lanjut menuju Magelang, kota tempat Merbabu menancap di pulau Jawa. Rencananya kami mau lewat jalur Selo. gue gak terlalu paham soalnya ini kali pertama gue mau naik gunung. katanya sih ada beberapa jalur pendakian. Jalur Selo itu yang paling jauh tapi landai. dan lumayan enak buat pemula. katanya sih gitu.

Di perjalan yang mulai menanjak, pemandangan mulai berubah dari hiruk pikuk perkotaan menjadi kesunyian perkebunan. perkebunan di kaki gunung ini keren banget! miring-miring curam gitu. tapi tertata rapih. entah gimana ppetani yang menanamnya. sayangnya gue gak mengambil foto perkebunan itu solanya motornya ngebut terus hujan. dan karena ini daerah ketinggian, ada kabut tebel banget. jarak pandang itu cuma.... 20 meter kayaknya. jadi di pinggir jalan raya itu ada jurang terjal yang ada kebunnya gitu kan. nah itu aja sampe gak keliatan jurangnya. semuanya putih dan dingin tapi seru!



perjalanan menembus kabut ini berlangsung agak lama sekitar etengah jam mungkin. Setelahnya kami tiba di basecamp. saat itu jam 17.41 WIB. hari udah mulai gelap. dan dingin, jangan lupa. udah hujan, di daerah tinggi, kabut, malam-malam, dan baju basah kuyub... tubuhku membeku, untungnya hatiku hangat -_-. *abaikan*

setelah tiba di basecamp, gue nanya-nanya tentang jalur ini. katanya butuh waktu 7-8 jam untuk ke sabana 2. jadi ada 3 post dan 2 sabana sebelum sampai ke puncak. post 1, post 2, post 3, sabana 1, sabana 2 lalu puncak merbabu, disebutnya puncak Syarif. jarak tempuhnya 5 km.   post 1 itu ditempuh selama 1 jam dari basecamp. katanya sih. di basecamp itu ada banyak pendaki lain yang udah turun. katanya mereka di atas itu ada badai kalau malam. gak cuma malam sih, siang juga bisa. pokoknya cuacanya gak bisa diprediksi. apalagi kalo musim hujan begini.

setelah nanya-nanya, istirahat dan makan, kami pun siap-siap. siap untuk pendakian pertama. badan gue udah menggigil duluan. belom ganti baju. bajunya basah. baju gantinya basah juga. di lokasi masih hujan juga. tapi yaudahlah. coba aja dulu.

setelah mempersiapkan senter redup warna kuning yang gak sebanding dengan headlamp temen-temen, kami berengakat. jalurnya landai. tapi ada terjalnya sih dikit. dan karena malam hari, itu gelap banget!! gak bohong. temen-temen gue yang pake headlamp masih enak, sedangkan gue yang pake senter redup udah kewalahan. ditambah lagi gak pake pemanasan -____-. My Second Mistake.

Akibat dari gak pemanasan ini lumayan nyusahin. Well, actually, itu menggagalkan pendakian perdana gue. Sekitar 200 meter dari basecamp, kaki gue keram. Mulai keringet dingn. eh gak keringetan juga sih tapi pokoknya kekurangan cairan gitu. mungkin kurang minum. yang jelas telinga gue sakit. kayak darah gak ngalir ke kepala. Akhirnya berhenti sejenak. baru juga 10 menit. Istirahat 1 menit terus gue coba ngelanjutin lagi. Dan... tetep sama. telinga gue tambah sakit plus kaki gue keram. Aku tersiksa :'( -___-. Gue berpikir kalo gue melanjutkan pun cuma bakal jadi penghambat buat yang lain. Pendakiannya bakalan lambat banget. dan Gue paling gak mau jadi beban buat orang lain. Otomatis gue mengundurkan diri untuk melanjutkan pendakian. Gue harus rela gak ikut naik. It's okay, walaupun dalam hati gue ngerasa lemah banget. gue kesel. tapi mau gimana lagi? salah gue juga gak melakukan persiapan dengan baik.

Akhirnya gue diantar 2 orang temen gue turun ke basecamp. Mumpung masih 200 meter. masih deket. setelah sampai di basecamp 2 oranag tadi kembali melanjutkan pendakian. tinggalah gue sendirian di sana. gapapa, walaupun sedih dan kecewa, akan lebih menyedihkan buat gue kalo jadi penghambat yang lain. gue gak mau itu.  Jadi pengalaman yang lain yang mendaki gue gak tau ya. gue kasih tau aja pengalaman gue di basecamp.

di basecamp itu rame ada banyak pendaki yang baru turun. Mereka saling bertegur sapa 1 sama lain. ada yang nanya kenapa gue turun lagi. dia dari UMY angkatan 2012. dia udh sering naik gunung.. ke Merbabu ini udah yang ke 3 kali. dia nemenin temennya dari surabaya. katanya mereka kenalan di gunung juga loh terus jadi akrab. keren deh. yaudah kami cerita aja. sharing gitu. gue cerita mulai dari persiapan gue yang kurang sampe tadi pas kaki gue keram dan kuping gue sakit. Katanya sih itu wajar kalo belum beradaptasi sama ketinggian. Nama gejalanya itu AMS (Acute Mountain Sickness). itu gejalanya bisa pusing, kuping sakit, dan semacamnya. gara-garanya adaalah kekurangan oksigen. kan oksigen di atas lebih tipis. udah gitu pendakiannya malem-malem. Tumbuhan juga menyerap oksigen. jadi kalo naik gue harus rebutan oksigen sama 10 orang temen gue dan juga jutaan tumbuhan di gunung ini -_-. jelaslah gue kalah. lobang idung gue kan kecil. -____-

terus gue juga cerita tetang gak mau jadi penghambat gitu. dia bilang kalo udah di gunung harusnya terbuka aja soal fisik atau kelemahan gitu. kan ketahanan fisik tiap orang beda jadi harusnya bisa saling mengerti. Bener juga. harusnya memang begitu. katanya dulu dia pertama kali naik itu 7 jam bareng seniornya. perjalanan yang harusnya cuma 4 jam jadi lama gara-gara nunggu dia. tapi seniornya satai aja. karena fisik orang kan beda-beda jadi ini buat latihan aja dulu. asik kan?
gue juga pengennya sih gitu tapi yaaaa udahlah ya...

akhirnya dia pulang. gue pun bersiap untuk tidur. Kalian harus tau! tidur di basecamp itu dingin banget!!!! gue udah pake jaket Winter level 2 dan itu belum mempan menahan dinginnya. gue minjem selimut, sarung tangan dan kupluk juga belum mempan.akhirnya gue paksain tidur dengan posisi meringkuk biar hangat. dan ini gak boleh banyak gerak biiar dinginnya gak masuk. gue mulai persiapan tidur jam 10 dan baru bisa tidur jam 12. tidurnya pun gak nyenyak saking dinginnya. tapi gue inget gue sempet mimpi lagi main di salju gitu -__-. keren.. dinginnya meresap ke alam bawah sadar gue. gue bangun jam 4 dan itu masih dingin banget. Mau wudhu buat shalat subuh aja gak berani. akhirnya tayyamum. 

terus jam setengah 6 gue keluar basecamp. matahari terbit. keren banget. terus gue ngeliat bukit tempat jalur pendakian. itu ketutupan kabut semua. ngeri banget. kabutnya turun sampe ke basecamp. keliatan kayak asap gitu tapi dingin. anginnya kencang kayaknya ada badai. kalo ada badai, pendakian gak mungkin sampe ke puncak. dan karena kabut tebal di atas gak mungkin liat sunrise. untung gue di basecamp masih sempet liat sebentar. 

(pukul 5.40 WIB. Basecamp. Masih cerah)

(Pukul 6.30 WIB. Basecamp. Kabut Tebal)

terus ada pendaki lain yang baru mau naik. mereka ngasih tips untuk pendakian itu enaknya berangkat pagi. sampe post terakhir udah sore bisa dapet Sunset. terus camping sampe pagi. dengan begitu bisa dapet Sunrise juga. terus waktu istirahatnya banyak. asik juga ya. maybe annext time..

selanjutnya yang gue lakukan hanyalah menunggu teman-teman gue. gue sempet mendaki sendirian. niatnya sih pengen nyusul tapi pas gue masuk hutan, jalur pendakianna bercabang. gue kan jadi bingung -___-. gak ada jaminan gue gak bakal hilang atau nyasar. nyasar sih gue udah biasa tapi kan gak pernah di hutan. udah gitu gak ada kemungkinan bakalan ada perempuan manusia seusia gue yang nyasar sendirian juga dan ngajakin kenalan -_________-. kalo ada sih gapapa deh gue nyasar sampe puncak. Akhirnya gue balik lagi ke basecamp dan menunggu. 

Penantian gue berakhir pukul 11.30. temen-temen gue baru sampe. katanya  merek gak sampe puncak. banyak berhentinta karena ada yang keram juga. Tau gitu gue ikut deh -__-. terus mereka juga kena badai dan kedinginan ditambah lagi kepleset karena jalur yg licin. ladang bunga Cinta Abadi, Edlewaise (gak tau tulisannya) juga belum mekar karena musim hujan. tapi tetep mereka dapet penglaman mendaki merbabu walau belum tuntas. sementara gue mendapat pelajaran berharga dari orang-orang yang bahkan gue gak kenal. itulah bagian paling asik dari naik gunung. orang-orangnya ramah, blogs. suka berbagi pengalaman. seruuu!

Yah ini pengalaman perdana gue menuju ketinggian, dengan niatan menjajaki Gunung Merbabu walau belum terlaksana dengan baik. walau bisa dikatakan gagal tapi gue mendapat sesuatu yang cukup berharga. Kalau kamu melihat kegagalan dari sudut lain kamu akan mengerti:

"Sometimes We Win, Sometimes We Learn"

Cukup sekian cerita gue. Suatu saat gue bakalan berhasil dan akan berbagi pengalaman gue dengan kalian lagi.

Wait for it, Okay?

assalamu'alaikum, Blogs :)










2 komentar:

  1. hai anak geologi veteran jogja! sedih banget sih diri lo yg gak ada nanyain kabar, gua baik kok ditt!! gimana kabar lo?
    wah enak ya kayanya jadi lo, kerjaannya jalan-jalan, btw gua baru baca setengah, pusing liat postingan lo yg selalu aja panjang sangatt, hahaha but keep spirit diitt!! sampai ketemu di dunia kesuksesan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya ada yang jawab :'D
      halo Anggi!!! kabar gue juga baik kok. hehe.
      jalan-jalan itu cuma sampingannya aja, nggi. tugas gue aslinya mah lumayan ngerepotin. baca dong sampe selesai. dijamin biasa aja -_- sampai ketemu juga!!

      Hapus

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented