Rabu, 06 Juni 2012

missing in peace

Assalamualaikum!! Blogs!! Cukup lama nggak sih gue gak posting? Lumayan ya? Oke gue posting lagi nih. Tapi sebelum itu, lo semua harus tau! udah hampir 3 minggu gue nggak jadi potong rambut! rambut gue jadi..... Biasa aja sih sebenernya. Tapi gak enak aja gitu ketebelan. Well, it's oke.. Lets move!!! Ada banyak banget hal yang ingin kami posting sebenernya. Kebanyakan sih tentang olimpiade. oke tentang olim aja ya. gue akan mencoba menyingkat berbagai hal kali ini. Baiklah... Dimulai dari pelatihan di bandung, 21-27 mei 2012 . Pertama kali tiba disini, kami disambut hawa udara dingin kota Bandung. Beda banget sama Pamulang. Apa lagi permata pamulang -_-. Berdasarkan pengalaman seorang teman tahun lalu dia pelatihan sendiri, gak ada dari sekolah lain. jadi gue kira gue bakal sendirian juga kan. Tapi ternyata setelah turun dari mobil... Jegrek!! Kilatan kamera mengambil foto gue, karpet merah terbentang dengan redline pembatas para wartawan, orang-orang histeris manggil nama gue, gue sih tetep stay cool aja hahaha. Nggaklah, begitu turun hanya beberapa pasang mata yang menatap kami dengan aneh. Orang dari sekolah lain udah nunggu. Tak berapa lama kemudian, kami dibawa ke penginapan. Darul Mutsmainah.. Ya.. Itu namanya. Penginapannya kayak kos2an gitu kecil sih kamarnya tapi gapapalah. Gue pertama kali kenalan sama temen sekamar gue yang udah dateng dari pagi. Namanya Annas dari Demak, jawa tengah. Pertama ketemu, dia lagi ngebuka website soal astronomi gitu otomatis gue langsung ngedown karna menyangka dia rajin belajar. Yaudah biarin, gue tetep santai. Gue kenalan sama orang dari kamar lain. Riwan olim ekonomi dari surabaya, dan Joshua olim mtk dari bekasi. Mereka orang yang ramah. oiya, gue memperkenalkan diri dengan nama Arya disini. mereka ngomongnya itu pake ''aku-kamu'' dan sebagai orang tangsel yang rada jakarta, otomatis gue canggung banget! Kalian taulah di jakarta cowok sama cowok ngomong ''aku-kamu'' itu... Ah bodo amat. Karna canggung, gue ngomong pake ''aku,saya,kami-kamu,situ'' pokoknya ganti-ganti deh. Lalu temen sekamar gue yang lain datang. Namanya Vigorous, dipanggilnya Vigor. Olim astro dari TORAJA!! Waw banget loh. Jadi di kamar gue itu ada 3 daerah berbeda: tangsel, demak, toraja. Aksen gue langsung kacau -_-. Kami lagi asik ngobrol di saung gitu, di ruang tengah, tiba-tiba rombongan dengan rambut cepak datang!! Kayak ada infasi. Mereka dari... Riau!! awalnya gue kurang suka mereka karena disini kita berkumpul dari berbagai daerah, jadi ngeliat mereka yang dateng ramai-ramai gitu rasanya kan mereka bakalan gabung sama kelompoknya doang kan. Ditambah lagi mereka pake jaket angkatan. Yang aneh dan menarik perhatian gue itu rambut mereka! Cepak semua masa -_-. Yaudahlah biarkan mereka istirahat. Di sore hari, belum ada pelatihan karna baru dateng. Gue duduk di ayunan depan penginapan. Gue suka disini menikmati udara sore kota bandung. Lalu seseorang mendatangi gue. Dia tersenyum ramah gitu, gue senyum balik. Seseorang dari Riau. ''boleh saya duduk?'' katanya dengan logat riaunya. ''oh iya silahkan'' gue ramah. Gue merhatiin mukanya. Menurut gue sih kayak orang udah kerja gitu. ''emm... Guru pembimbing ya?'' tanya gue. ''waduh, mas. Saya masih kelas 10'' jawabnya sambil ketawa. ''hah?! Beneran? Kok bisa? Masa sih kelas 10?'' ''iya saya masih kelas 10'' ''oooh... emm.. Kami Arya, dari astronomi, wilayah tangsel, situ siapa?'' ''saya Fadri dari Riau, olim kebumian'' kami pun berkenalan. si Fadri ini baru pertama kali ke luar pulau sumatra. Dia banyak nanya tentang orang jawa, jakarta dan sekitarnya. Dia menganggap orang jakarta itu pinter-pinter. Gue ngejelasin perbedaan orang jakarta dengan orang daerah pelosok. ''orang jakarta itu sebenernya pinter tapi manja. Motivasinya kurang. Padahal teknologi udah banyak. Beda sama orang daerah yang punya kemauan belajar tapi teknologinya gak ada. jadi menurutku orang daerah sebenernya lebih hebat dari orang jakarta'', jelas gue. ''ooh begitu ya, mas? Kalo motivasi mas sendiri apa?'', dia nanya lagi. ''emm apa ya? Pokoknya dibawa santai aja. Tadi juga udah ngedown duluan pas ngeliat temen pada belajar, tapi yah santai ajalah''. Gue nggak akan ngasih tau tentang Urf sebagai motivator, he is my secret weapon. gue sama si fadri disini sharing tentang kehidupan riau dan jakarta. Termasuk rambut cepak yang tadi itu juga gue tanyain -_-. Ternyata mereka itu dari sekolah semi-militer boarding school gitu. Pantesanlah. Di akhir pembicaraan sore ini, dia izin mau ke kamarnya. Sebelum pergi dia nyodorin tangan sambil bilang, ''kawan baru'' Dan gue langsung ''..........'' agak lama gue diem. ''iya, kawan baru'' gue menyambut tangannya dan bersalaman. Gue langsung bilang ke si Urf, ''hmm.. Mungkin disini akan lebih menarik dari wilayah kita...''. Hari-hari pelatihan pun dimulai. Pelatihannya itu di Sd apaaa gitu agak jauh dari penginapan. pelatihnya masa anak fakultas mesin -_-. Aneh ya. yah udahlah. kelas astronomi itu ada 15 orang. Dari tangerang, riau, demak, toraja, surabaya, sukabumi, dan reni jaya -_-. Disini yang logatnya serupa sama gue itu cuma dari tangerang. Hilman dan Septyo. Awalnya gue manggil dengan ''hai wakil dari tangerang''. Untungnya dia gak manggil gue dengan ''hai wakil dari reni jaya'' -____- gak keren banget!!! Yaudah kami kenalan. Gue udah bilang nama gue ''Arya'', tapi si Hilman ini manggil gue ''Dewa'' -_-. Allright, fine! Pelatihannya sih biasa aja. Yang aneh itu si annas. Dia nggak tau rumus-rumus dasar astronomi. Bukunya juga udah kadaluarsa tahun 2000 . Tapi dia lolos seleksi osk? Well, kami juga lolos beruntung doang sih. Tapi tetep aja agak aneh. Jadi gue bertugas membantu dia, ngajarin rumus dasar. Disini kami saling membantu. Yang paling kritis nanya itu Mahdi, dari surabaya. Logatnya medok banget!! kalo ngomong sama dia, gue juga ikutan medok -_-. Ada Hillary, Bangkit, Jean, Vigor, Annas, Oby, Mahdi, Hilman, Septyo, Akhmad, Donna, Rizky, Ihza, sisanya gue nggak lupa siapa. Kelasnya sepi. Yang aktif nanya dan ngejawab itu cuma sekitar 5 orang termasuk gue. Gue anggap yang diem itu udah pada ngerti. Otomatis down lagilah -_-. Cemen banget ya mental gue? emang. Tehnik gue itu ''ekspektasikan kemungkinan terburuk untuk usaha yang terbaik'' ngerti gak? Begitu deh. pelatihannya lumayan, cuma menurut gue kurang efektif. Setiap abis ngebahas, ada ujian gitu. Jadi otaknya belum siap. Selama 6 hari kedepan, kami akan begini. Pelatihannya kurang penting sih. Gue ceritain kesehariannya aja ya blogs.. hal yang gue suka disini itu duduk di ayunan. Bisa dari jam setengah 6 sampe jam setengah 9 loh gue duduk disitu diem doang. Tenang banget rasanya. Kadang ada mahasiswa lewat nawarin jajanan burger sama donat. ini murah. Mereka gunain logat sunda. logat sunda itu halus banget! Gue ikutin logatnya sebisa gue. Enak banget di bandung. Orang-orangnya, suasananya. jam 10 kami berangkat pelatihan sampe maghrib. Malemnya itu kami ngumpul di saung buat nonton tv sambil makan malam. Yang bener bikin gue betah disini tuh orang-orangnya. Gue kenalan sama berbagai orang dari daerah berbeda, budayanya beda, logatnya beda, dan kita bisa saling mengerti gitu. Beneran deh. Kalau di Tangsel gue ditunjukin ''solidaritas'', disini gue dihadapkan pada ''bhineka tunggal ika'' bangga dan seneng banget ada disini. Gue gak ngerasa sepi waktu sama mereka, beda sama di tangsel. Aneh gak sih? kami baru kenal beberapa hari tapi udah akrab dibandingin sama teman-teman yang udah lama kenal tapi tetep ngebuat rasa sepi? Nanti deh ada percakapan gue sama urf tentang ini. Lanjut.. gue cerita tentang mysteri night ke si hilman. Dia tertarik banget. si hilman ini enak buat diajak seru-seruan. Ketawa melulu ngomongin iklan di tv. Terus ada mahdi yang rajin ngebahas soal. Disini kami jadi rajin ke mesjid juga karna emang deket dan lingkungannya itu lingkungan pesantren. asap rokok itu jarang ada disini, cewek bajunya pada sopan, orang yang teriak-teriak juga jarang, klakson mobil juga. Pokoknya tenang banget. Oiya, gue juga belajar bahasa jawa loh! Hahaha. Diajarin sama si Annas. Tapi kalian gaperlu tau omongan jawa gue hehe. Terus gue kenalan juga sama irfan, bayu, dedi. Irfan sama bayu dari olim fisika wilayah pekan baru. Dedi fisika dari wilayah surabaya. Blogs, si dedi itu masa nama panjangnya ''dedi arya aditya'' -__-. Apakah kami saudara jauh dari ras arya aditya? Hanya tuhan yang tau. Hari terakhir pelatihan, pulang dari pelatihan gue ngajakin ke cihampelas. Yang ikut si hilman, dedi, mahdi, irfan, bayu. Sama gue, of course. Naik angkot. Mereka gak tau jalan, apalagi gue -_-. Tapi karna gue yang ngajak, jadi ini tanggung jawab gue. kami berhasil ke cihampelas. Belanja baju, sepatu, jaket banyak deh. Gue beli senjata dong. Sumpit2an gitu yang ditiup. Terus main xbox juga. Seru looh. Terus belanja lagi beli oleh-oleh. Lalu kami pun pulang. Pulang itu bukan tanggung jawab gue, karna yang ngajakin pulang si irfan -_-. Kami pulang dan siap-siap buat besok kembali ke wilayah masing-masing.. Si annas udah pulang duluan waktu kami di cihampelas. Si vigor pulang jam 6 pagi. si fadri jam 8 sama irfan, bayu. mahdi, dedi, riwan jam 7. Sedih masa. Udah terlanjur betah sama mereka. Gue gak mau pulang -_-. Males ketemu orang tangsel lagi, males sama asap rokok dan lain-lainnya. Pengen tinggal disini aja rasanya. Tapi... Ah sudahlah! Jam 10 si hilman dijemput. Gue sama partner dari kimia juga dijemput sih. kami berpamitan. yang terakhir pamitan sama gue itu si hilman ini. Diakhir salam perpisahan dia bilang, ''sampai ketemu di Jakarta ya!'' dengan melambaikan tangan. Gue juga dong. Akhirnya pelatihan kami berakhir disini.. banyak hal yang kami alami, seperti kami hilang dalam kedamaian, Banyak ilmu yang kami dapat, banyak orang baru yang kami kenal, banyak budaya yang kami pelajari, semua itu didapat dari... Teman :) Ps: pembina astro kami bilang, ''kalau ketemu Adli, dari kharisma bangsa, nitip salam ya. Dia konsep astronya lebih hebat dari saya''. Siapakah Adli ini? Tunggu post berikutnya blogs!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

who am i?

Foto saya
i am capriciously semi-multitalented