Jumat, 23 Maret 2012

just enjoy that i'm lost

Assalamualaikum.

Dear blogs,
Malam ini gue pengen sharing lagi. Tentang apa? Kali ini tentang ''Nyasar'' sinonimnya ''Tersesat'' atau ''ilang''.
Tunggu, gue nggak sharing tentang orang ilang loh ya -_-.

Oke here we zoo!
Kalian tau yang namanya nyasar? Tersesat? Pernahkah kalian nyasar?
Kemana? Aku juga suka itu -__-.
Nyasar.. Ya, nyasar adalah suatu kegiatan dimana kita pergi ke suatu tempat lalu tiba-tiba kehilangan arah atau jalan dan akhirnya terdampar di tempat asing. Penuh dengan orang-orang asing. Kanibal yang siap melahap kalian kapan pun kalian lengah -_-.
Pokoknya gitu.
Sebagian orang akan panik begitu tersesat. Seolah mereka berada di dunia asing dan mereka adalah alien tersesat di peradabannya picolo -__-.
intinya mereka panik deh! Nggak usah pikirin perumpamaan gue.

Oke forget about them for a while!
Kita lihat bagaimana gue menghadapi ketersesatan ini.
Berbeda dengan sebagian orang, gue seneng kalau lagi jalan-jalan terus nyasar. Rasanya tuh... Emmm... Ya kayak kalian lagi nyasar gitu. Gue suka nyari jalan-jalan baru. Terkadang tujuannya emang biar gue nyasar -_-.

Apasih enaknya nyasar?
Pertama, gue bisa menemukan tempat baru. Kadang walaupun gue pernah ke tempat ini, gue tetep lupa jalannya. daya ingat gue tentang jalan emang jelek -_-. nyasarnya juga pilih-pilih. Biasanya gue mencari tempat hijau penuh pepohonan dan persawahan. Why? Karna warna hijau itu memanjakan mata. Pokoknya jadi lebih tenang deh.
Kedua, gue memperhatikan orang-orang sekitar tempat gue nyasar. Bahasa yg mereka gunakan. Terus gue suka mikir waktu ngeliat orang-orang lewat,
Gue: ''mereka lewat sini pasti punya tujuan ke suatu tempat''
Urf: ''iya nggak kayak elu dit, kesini tanpa tujuan. Tujuannya gak jelas''
Gue: ''tapi ini seru, terombang-ambing di dunia asing begini''

Terus karna gue ngebayangin macem-macem, gue jadi senyum sendiri sambil naik motor. Sampai Urf bilang: ''dit! Jangan senyum sendiri!''
Gue: ''emang kenapa? Senyum kan ibadah''
Urf: ''bukan gitu! Nanti orang-orang yang ngeliat malah pada salting''
Gue: -___-.

Iya emang sih.. Bagaimana reaksi kalian melihat pengendara bermotor tanpa tujuan tersenyum sendiri -_-.
Beberapa waktu lalu gue nyasar juga.
Niat gue jalan-jalan ke daerah gunung kidul. Sendirian.. Eh sama urf deng.
Gue masuk ke gang yg didepannya ada tulisan ''Bale-Bale''. ntah apa artinya itu, gue artikan sebagai Bianglala di dufan. Hubungannya? Dont know -_-.
Gue menyusuri jalan ini dengan mengendarai motor. Ada 2 jalan, kiri dan kanan. Gue udah pernah ke kiri, berarti kali ini gue ke kanan.
jalannya rada rusak berbatu gitu. Dikiri kanannya kebun singkong dan semacamnya.
Ada anak-anak sd juga jalan kaki ke sekolah. Well, buat gue sekolah mereka yg rada terpencil ini cukup jauh.... Dari rumah gue.
Agak lama gue menyusuri jalan ini sampai gue tiba di jalan setapak. Tanah merah. di kiri-kanannya itu sawah, sungai, dan perbukitan! Kece banget! Kayak di jogja tapi yg ini masih kalah sih. Ada petaninya lagi nyangkul. jalan yg belum di aspal menambah kesan alami wilayah ini. Gue senyum menikmati perjalanan. gue gak tau kemana jalan setapak ini akan membawa gue. But, just enjoy it! Liat kiri kanan memandang perbukitan hijau dan sungai kecil disini.... Keren deh!
Gue terus memacu sepeda motor sampai tiba di jalan raya.
Gue nyari papan jalan dulu buat tau gue lagi dimana. Gue gak punya GPS -_-. disitu gak ada papannya, jadi gue nanya bapak-bapak yang lagi duduk di warung nasi uduk.

''maaf pak, ini dimana ya?'' tanya gue ramah.
''hah?''
''ini dimana?''
''apa?''
''ini dimana woy!!'' kesel tau gak? ntah dia nggak ngerti bahasa gue atau gimana yang jelas ini ngeledek. tapi gue gak nanya gitu sih. Tetep berusaha ramah dan kalem mengingat gue seorang yg tersesat.
Bapak itu bilang gue lagi di daerah Beuneup. Kalian tau itu dimana? Gue mengira gue ada di kota kecil orang sunda -_-. Gue gak tau tempat ini. Akhirnya gue memutuskan memutar arah menyusuri jalan yang tadi gue lewatin.
Di perbukitan ada ibu2 jalan. Gue kembali bertanya,
''maaf numpang tanya bu, ini dimana ya?''
''ini.... Dimana ya?'' ibu itu bingung sendiri -_-. Mungkin dia terhipnotis begitu gue tanya.
''kalau ke daerah sana itu ke Cibadekong'' ibu itu menunjuk arah gue dateng, dari Beuneup tadi.
''terus kalau kesana udah Karimulya'' tambahnya. Kalau gak salah nama daerahnya sih itu.
''emang mau kemana?''
''saya mau pulang, bu. Makasih'' gue
langsung pergi. menikmati perjalanan pulang lewat sawah tadi.
Di sekolah yang gue lewatin, ada yang jualan gantungan kunci nama! Yang pakai sejenis pasir itu!! Aaaaaa gue pengen beli tapi malu. Gue udah 2 sma dan disana banyak anak kelas 1 sd -___-. Nyebelin tau gak? Mau dikata apa anak 2 sma beli gantungan di sekitar anak kelas 1 sd -_-. Tapi gue pengen! Gue butuh itu. Tapi...... Rasa malu mengalahkan rasa membutuhkan gue-_-. Gue harus rela menerima kenyataan bahwa gue cukup tua dibanding anak kelas 1 sd -____-.
Akhirnya gue pulang setelah menikmati daerah hijau itu.

Oke sekian pengalamannya.
Nyasar sendirian itu asik loh.
Oiya sebenernya.....
Setiap kali nyasar, gue berharap ketemu seseorang yg nyasar juga.
Gue membayangkan waktu lagi nyasar gitu bensin gue abis.
Karna males, motornya gue buang. Gue jalan kaki.
Terus ada seorang perempuan seumuran gue yang jalan.
Pas gue nanya,
''ini dimana ya?''
''hm? Nggak tau. Gue nyasar''
''hah? Kok nyasar?''
''iya gue emang suka nyasar'' kata perempuan itu.
Dalam hati gue, 'yes!!! Ada yang nyasar juga hahahaha'
''loh? Sama dong! Gue juga nyasar''
''jadi kita nyasar sama-sama ya? Hahaha''
''yaudah kita cari jalan pulang sama-sama ya''
Akhirnya kami jalan berdua. Emm maksudnya nyasar berdua.
Sampai tiba di suatu hutan.
Kami kelaparan.
dan gue menemukan fakta bahwa perempuan di sebelah gue itu kanibal!!
Karna gak mau dimakan, akhirnya gue jadi kanibal juga! Kami jadi kanibal nyasar -_-.
Tapi karna telah lama bersama tersasar, rasa lapar berhasil dikalahkan rasa cinta ehehehehe.
Akhirnya kami gak jadi saling makan.
Dan hidup bahagia selamanya......di hutan -_-.
yah tetep aja susah nyari orang yang seneng pergi sendirian begini.

Oke blogs, sekian ya sharingnya.
Inget! Nyasar itu gak selalu buruk kok. Kadang bisa jadi pengalaman yang seru asal bisa dinikmatin.

Night blogs :)

Kamis, 22 Maret 2012

jelly pop fish

Assalamualaikum

Selamat malam dear my blogs.
sudahkah kalian melihat langit malam akhir-akhir ini? Ini keren loh! bintang-bintang keliatan lumayan jelas karna langit malam yang cerah.
gini, ini kan bulan maret ya, mungkin karna tgl 21 maret kemarin itu matahari ada di titik aries 12wb dimana matahari akan terletak sejajar diatas ekuator bumi jadi bintang bisa keliatan jelas. Sebenernya gue gak tau hubungan 21 maret sama bintang-bintang malam ini apa, yang jelas ini keren.
Coba deh, kalian matikan lampu rumah, pergi ke balkon kalau ada, terus liat ke langit malam. kalau lampu pada mati, bintangnya keliatan semakin jelas. Ditambah ada venus juga sama jupiter mungkin. yah sayangnya gue gak hafal letak rasi bintang.. Padahal kalau tau kan pasti lebih keren.
eh mumpung lagi cerah gini, ada yang mau liat bintang bareng gue? Gak ada ya? Yaudah -_-.

baiklah, lupakan bintang itu..
Biarkan mereka bersinar terang diatas kelabu..
Jika saat ini kau rindu padaku..
Just say ''i miss you''..

hahahaha -_-.

oke gini, setelah setahun yang lalu diserang kelabang, beberapa bulan yang lalu diserang zombie, sekarang gue diserang lagi.
Kalian tau? Kali ini yang nyerang adalah...
UBUR-UBUR!!!
Apa itu ubur-ubur? Ubur-ubur adalah....... Yang warna pink, berenangnya tuing-tuing, ada sengatnya bisa bikin sakit gitu. Terus katanya tubuh ubur2 90%nya itu air! berarti kalau dia haus mungkin dia tinggal masukin tubuhnya sendiri ke dalam gelas ditambah air es -_-.
ubur2 itu banyak jenisnya. kalau di film-film, ubur2 bisa menghasilkan listrik. Gue kepikiran, jika suatu saat pasokan listrik dunia berkurang, ubur2 bisa dimanfaatkan. PLTU= pembakit listrik tenaga ubur-ubur -_-.
oiya, gue ada tawaran buat pergi ke pulau pari. tapi sayangnya gue gak bisa ikut karna bentrok sama lomba olim. Ini nyebelein, you know? -_-.
Karna gabisa ikut, mending kalian masuk ke imajinasi gue aja ya..

imagination: start!

Bayangkan kalian berada disebuah pulau terpencil ditengah laut. ya anggaplah kalian di Nusakambangan -_-. Dimana tempat ini dikelilingi pantai yang indah dan pepohonan kelapa yang rindang serta sebuah gunung berapi ditengah pulau. Dengan cahaya matahari terbenam selalu terlihat di tengah laut lepas. Memantul pada permukaan air laut jernih yang seakan memerah akibat sinarnya..
Hanya ada 1 bangunan di pulau ini. Tempat penangkaran, bukan penginapan loh.
Isi penangkaran ini bukan narapidana, melainkan zombie.
Iya setelah perang bertahun-tahun, para zombie di taro di pulau ini.
Kalian ceritanya terdampar di pulau ini. Zombienya gak di jagain, jadi zombie liar gitu. Kalian harus bertahan hidup ngelawan zombie.
Bayangkan! Ditengah pertempuran kalian, tiba-tiba muncul jelly yang berenangnya tuing-tuing. Dengan tubuh berbentuk kubah seperti tutup popice dan sengatnya menjuntai kebawah seperti rambut panjang yang lepek. Perumpamaannya kok gini banget ya-__-. Ubur-ubur datang menyerang dari laut. Mereka bisa jalan di darat dengan sengat panjangnya yang digunangan sebagai kaki. Menyerang kalian dan para zombie, berniat menguasai pulau ini. Apa yang akan kalian lakukan? Nelpon polisi? Polisinya gak tau tempat terpencil ini. Nelpon KPK? Mana mau ngurusin ginian. Nelpon kak seto? Haaaaaah -___-. Nelpon Mc'D? Ide bagus! ubur-uburnya bisa diolah jadi bahan makanan -_-. dengan adanya zombie dan ubur2 pasti banyak menu baru di daftar makanan. Bayangin aja sendiri.
Terus di tengah itu semua,
''akhirnya ubur-ubur sudah kita basmi semua! Hahahaha!''
tiba-tiba...
''apa ini? Gunung meletus?''
Kalian melihat kepulan asap pink keluar dari gunung. Asap ini semakin pekat, menyebar ke seluruh pulau!
''kenapa asapnya berwarna pink?'' pikir kalian. Kalian mengamati asap itu dengan seksama..
Dan ternyata itu adalah ubur-ubur!! Ribuan ubur-ubur keluar dari gunung dengan membawa bendera bertuliskan ''ubur-ubur gunung''. Kalian lari keliling pulau mencari perlindungan. tiba-tiba bumi berguncang. Tanah terbelah.
''gempa bumi!!'' ucap kalian. Dari dalam celah bumi, muncul ubur-ubur putih dengan bendera ''ubur-ubur fosil'' -_-.
Kalian terus mencari perlindungan. Pulau Nusakambangan dijajah ubur-ubur. Malam hari, meteor besar menghantam pulau kalian. Meteor itu berubah jadi kapal ulang-alik. Keluar mahluk hijau aneh dengan baju astronaut dan membawa bendera ''ubur-ubur luar angkasa''! Kalian tak berdaya di kepung ratusan ribu mahluk tutup popice ini. Ubur-ubur ini juga menyerang zombie. Ditengah invasi ini, ketua zombie mengajak kalian bekerja sama melawan ubur-ubur. Ubur2 yg digigit zombie, akan jadi zombie. Ubur2 yg digigit manusia, akan jadi santapan nusantara-_-.
ditengah perang besar ini, dari tengah laut datang ratusan ribu ubur-ubur menuju pulau. Menutupi cahaya matahari yang mulai terbenam. Mereka membawa bendera bertuliskan ''turunkan harga BBM!!'' ada foto SBY dipajang. Terus ada ban yang dibakar. Lalu ada satu ubur-ubur brewarna merah tua membawa bendera ''mawar, maafin marwan ya..''
Ntah apa tutup popice berambut lepek ini mau demo atau emang salah gaul. Yang jelas mereka mengajak kaum tutup popice lainnya untuk meninggalkan pulau ini. Pergi menuju matahari yang perlahan sinarnya ditelan lautan. Terpantul germelapan menyinari kemanangan kalian dan para zombie.
Akhirnya ketua zombie menandatangani perjanjian damai di pulau nusakambangan. Dan kalian hidup bahagia selamanta... Dipulau terpencil.


Oke that's it!
Inilah pemikiran gue tentang ubur-ubur, si tutup popice yang menyengat. Coba rasi bintang ada yang bentuknya ubur-ubur ya -_-.

baiklah blogs, segini dulu deh.
Beberapa hari kedepan gue akan liburan. niatnya sih lanjutin cerpen tapi ntahlah masih panjang ceritanya. sabar yaa.

Di laut sana ubur-ubur jingga berada..
mengintai dalam kelam si zombie hitam..
Di bawah senja berbaur kita bersama..
merantai diam menari terbenam malam..

night blogs :)

Rabu, 14 Maret 2012

more than it

Assalamualaikum :)

Hai blogs! ntah apa yang akan gue bahas malam ini. pengen posting tapi bingung ngebahas apa.
Gini deh, sekarang kan gue lagi libur ya, mari sharing kegiatan libur kita :)

Libur uas kelas 12 ini kegiatan kalian apa?
Disini kegiatan gue...
Yah cuma begitu-begitu doang sih. Paling di rumah, nonton tv dan semacamnya.
itu cuma kegiatan biasa gue, diluar itu ada rencana yang gue kerjakan. Hayo apa itu? Nanti ya, mungkin lain kali gue kasih tau :)
Oiya, gue jadi suka senyum gini deh ntah itu ke orang-orang, ke cermin, atau ke tembok yang penting senyum :)
Anggap aja gue lagi seneng. Kenapa? Karena gue dapet alat pemotong kaca! Hore!! Itu mahal loh. Oiya hari minggu kemarin gue ke anyer. Iya pantai anyer.
Itu acara RT family gathering gitu. Sebenernya gue males karena banyak ibu-ibu, bapak-bapak begitulah. dan temen-temen gue? Duh udah lama gak main sama mereka. Jadi dengan niat setengah hati, gue ikut kesana. Target gue cuma 1. ''Ngambil Pasir Pantai'' iya itu doang. Gue harap abis dapet pasir, bisa langsung pulang.
Tapi ternyata tidak..
Dari pagi di bus, ibu-ibu udah bawa kaset karaoke. Ya kalian taulah mereka -_-. Gue udah seneng pas liat gak ada tv di depan busnya.
Eh pas udah diperjalanan.. Ceklik!
Tv-nya jatoh gitu dari atap bus. Gak jatoh sih, cuma muncul doang.
seketika mood gue langsung ancur -__-. Berisik banget! Gue memutuskan memasang headset. Tapi lagu di hp gue lagi error. Folder mp3nya ke hide jadi gak bisa didengerin -_____-. Akhirnya gue dengerin radio. Udah itu doang yang menyelamatkan gue dari suara ibu-ibu itu. Masih kedengeran sih suara mereka walau gue pake maks volume juga.
Itu karaokeannya sepanjang perjalan dari reni-anyer.
Dengan tampang cemberut sepanjang perjalanan, gue coba bersabar :)
Sesampainya di anyer, ternyata lagi pasang. Ombaknya lumayan tinggi. gue duduk di pinggir pantai, sama beberapa teman. Teman gue yang lebih muda udah nyemplung duluan ke laut. Gue? Still.. Stay cool :)
Cukup lama kami duduk ngeliatin ombak. Temen gue ngajakin ke tebing karang di ujung pantai. Itu keren loh! Lumayan tinggi tebingnya dengan karang diterpa ombak di bagian bawah. How cool it is.. Gue kesana bertiga. Naik tebing lewat batu-batu gitu. Pas sampai diatas, ada orang bilang, ''turunya lewat tangga aja dibelakang situ'' dan gue cuma, ''......'' ternyata ada tangganya -_-. Tapi kami berjiwa petualang, so it's fine.
Cukup lama kami diatas memandangi hamparan pantai bertabur butiran puitih ombak yang menerpa karang tak berbentuk.
Pemandangan ini keren loh. Tapi tidak gue foto. Setelah dari sini, kami kembali karena pengen main layangan. Di pantai kan anginnya kenceng jadi pasti mudah nerbanginnya.
Jadi kami beli itu. Harganya masa 5ribu?! Mahal tau gak?! Di rumah gue itu cuma 300 doang ya! Paling mahal 1500 -__-. Ngeledek banget!.
Yah sudahlah kami beli layangan dan pergi ke tebing tadi.
Eits! Ternyata ada orang lain diatas tebing. Kami memutus pergi ke tengah karang besar di pinggir pantai. Kami harus nyebrang lewat karang kecil karena letak karang besar ini agak ke tengah di pinggir tebing. Terus you know what? Karang kecilnya itu kerendem air.. Terus kalau ada ombak, pasti gak keliatan. Kami tertantang untuk ngelewatin itu. Deburan ombak datang dengan cepat memecah karang, menghapus jejak kami di pasir. Hap Hap Hap Ciat! Dengan memegang layangan Gue loncat ke karang kecil pertama. Berhasil coy! Hore hahahaha.
Oke lanjut, Hap Hap Eits! Ombaknya datang! batu pijakan dari karang kecil didepan gue tertutup. Gue nunggu. Ombaknya itu cepet loh datengnya. Jadi kami harus menyesuaikan waktu biar tepat untuk loncat. Oke karangnya kembali terlihat, Hap Hap Ciat! Byurr.. Gue kepleset -__- jelek banget. Karangnya ternyata berlapis lumut -_-. Yaudah gue balik ke karang sebelumnya dan loncat lagi. Iya loncatin karang begini kami jadiin mainan tantangan. Ini seru loh. HapHap Wups! Plek.. Gue berhasil tiba di karang besar! Yipi! :D
kami pun menerbangkan layangan 5rb yang tadi kami beli. dengan beberapa tarikan aja layangannya udah terbang berkat bantuan angin pantai. Tapi ini jadi susah dikendalikan, belum lima menit terbang layangannya udah rusak -_-. Nabrak karang, dihantam ombak, nyusruk oh poor kite :(.
Gue ketawa sendiri ngehina layangan 5rb itu -_-.
yaudahlah bodo amat.

Kami liat sebuah bolongan di bawah tebing tadi. Jadi tebingnya itu bolong gitu. Disitu ada ombak yang pecah masuk ke bawahnya. Kami pengen kesana. Sayangnya ada penjaga pantai, eh penjaga warung deng, yang mencegah kami.
Yaudah selesai.

Terus kami main air di deket rombongan. Kami bertiga main ombak agak ketengah lumayan jauh dari garis pantai. Dengan ombak pasang menerpa tubuh, itu lumayan seru! airnya juga asin loh. Yaiyalah -_-. Terus tiba-tiba langit mendung, orang-orang pada kembali ke darat. Kami masih ditengah main ombak. Tapi orang-orang memanggil kami karena ombaknya makin tinggi. takut akan hujan, mereka menyuruh kami pergi ke daratan juga -_- padahal lagi seru.
Yasudahlah kami pergi.
Kami disuruh mandi, bersih-bersih gitu. Eh tapi gak berapa lama setelah kami bersih, pantainya normal lagi! Ombaknya menurun -__- orang-orang balik lagi main lagi ninggalin kami! Nyebelin!
Yah sudahlah kami akhirnya kembali melihat dari pinggir pantai aja. Oiya gue udah dapet pasirnya. Terus abis dari tebing tadi, kami main istana pasir sama galaksin manusia versus kepiting! Hahaha ini seru.
ngejar-ngejar kepiting gitu.
Mereka lumayan cepet, tapi sayangnya gue menggunakan pasir buat menahan mereka.
Yabegitu deh.
Kami pulang jam 4 sore. Seperti perjalanan pergi tadi, ibu-ibu kembali karaoke sepanjang perjalanan.
Bodoamatlah! Gue dengerin radio lagi maks volume.
Sampai di rumah jam 8 malam. eh katanya, sodara tetangga gue yang ikut pergi kesurupan loh! :O. Ntah dari mana itu mahluknya. Yah gue kurang tau. Well, overall ini gak sepenuhnya buruk dan ngebosenin kayak dugaan gue. Ternyata gue cuma perlu lebih santai dan nikmatin apa aja yang ada..

Oke blogs, itu sedikit kisah gue minggu kemarin.
Oiya, gue lagi nulis cerpen lanjutan you dan me loh..! Gue kekurangan nama karakter dan tempat jadi mungkin agak lama.. Tapi tunggu ya :)
Terus sebentar lagi gue seleksi olim astronomi, wish me luck! Good luck dit!

Oke ini kisah singkat kami, bagaimana kisah kalian?

Sabtu, 03 Maret 2012

everybody changes, so what?!

Assalamualaikum blogs!

Ehem udah lama gak posting biasa lagi ya. Semenjak 2 cerpen sebelum ini.. Bukannya males posting, cuma... Yah sedang gak ada topik untuk dibahas. Tapi jangan khawatir, jangan sedih, jangan gundah! Kenapa? Karna kami hadir kembali dalam kemasan baru -_-.

Oke mumpung lagi niat ngepost nih, ada yang mau gue bahas. lihat judul posting ini.
''everybody changes, so what?''

Iya jadi ini nggak jauh-jauh dari salah satu masalah remaja yaitu mencari jati diri. Gini, kalian punya temen kan? Masih ingatkah kalian dengan teman SD kalian dulu? Atau teman SMP? Atau sekedar teman rumah? Kalo gak punya... Get a life, coy! Kasian.
inget gak gimana tingkah mereka dulu? Sikap mereka? Candaan mereka? Dan hal-hal tentang mereka? semua tentang mereka saat kalian main bersama dahulu.
setelah sekian lama nggak ketemu, nggak kontakan, gimana sikap mereka? Berubah nggak? Kalo menurut gue sih pasti berubah.
Ada yang jadi pinter, jadi lebih pendiam, lebih gaul, nakal, yah macam-macam.

Gak perlu nunggu bertahun-tahun berpisah, yang sama-sama kita juga perlahan berubah. masing-masing dari kita akan mendapat pola pikirnya sendiri-sendiri. Ada yang sama ada yang beda.. Pro dan kontra.. Positif dan negatif.. Yin dan Yang.. Kayak ikan koi di avatar -_-.
hubungannya sama ikan koi? Gak ada sih, cuma tadi pagi gue abis makan ikan...bandeng -__-.
Oke gak penting.
Lanjut..
jadi intinya tuh semua orang akan berubah. menjadi lebih baik atau jadi kurang baik. Itu sih tergantung gimana kita menghadapi masalah yang ada.
Jadi perubahan ini sebagian besar dikarenakan masalah yang dihadapi. Cobaan yang udah dilalui. Ada yang menyerah dan nerima semua cobaan itu begitu aja. Tapi ada juga yang berusaha menyelesaikan cobaan itu. Kalau dari gue sendiri, misalnya lagi ada cobaan dan capek banget, si urf pasti bilang ''lo pikir lo diizinin buat nyerah? Nggak!!!''
Dan gue harus semangat lagi. Padahal udah capek-_-.

Selain ini, perubahaan pada diri seseorang juga karena lingkungan.
Ini udah jelas ya.. Pergaulan segala macem pasti berpengaruh. Terus belum lagi kalau dipergaulan kalian ada yang suka nebar fitnah atau ngegosip yang belom pasti.. ini kan bisa mempengaruhi pandangan kalian terhadap seseorang yang difitnah. Ini namanya doktrin. Pola pikir seseorang bisa ditularkan! Jadi hati-hati dalam bergaul.

Ya ada banyak faktor yang menyebabkan perubahan.. Pikir aja sendiri.

Terus kalian memperhatikan tidak? do'a yang diberikan waktu ultah? Atau suatu kelompok?
Jaman dulu do'a itu banyak yang baik-baik. ''semoga panjang umur, sehat selalu, makin dewasa'' dan sebagainya. Jaman sekarang: ''keep gila \m/, makin autis ya, tetep biadap, makin rusuh'' dan sebagainya -___-. well, nggak semua begini kok. Tenang aja. masih banyak yang do'a yang baik sekarang ini. Tapi kan.... Kalo diliat dari doa macam sekarang itu.... Oh my.. Kasian yang dido'a-in ya.
Tapi ini juga tuntutan pergaulan dan biasanya yang begini orangnya malah saling akrab. Ya jadi gak masalah. Tapi tetep aja do'anya gak begitu juga kali -_-.
Terus dari kelompok gitu. ''kelompok gua keren, orangnya idiot semua, rusuh semua, kelompok gue gak ada yang gak autis'' did you ever hear or see something like that? Jaman remaja mah yang begini banyak. Biar keren atau asik atau solid. Wajar? Ehem wajar kok. Mereka ketemu temen-temen yang asik dan seru. Tapi.. Identitas kelompok gak perlu sampe begitu deh kayaknya. kasian anggota kelompoknya yang normal -_-.

Ada banyak contoh perubahan orang-orang disekitar kita.
sebagai remaja, gue juga berubah dong. Tapi bukan berubah wujud -_-.
dulu gue males-malesan sekolah, pengennya bolos. Tapi sekarang disuruh bolos buat diajak jalan-jalan aja gue males banget. Gak mau bolos dan pengen sekolah.
Dulu semangat kalo main sama temen-temen rumah, jalan-jalan. Dulu gue jadi pimpinan mereka loh. tapi sekarang pengennya di rumah, males main sama mereka. Dan gue jadi mantan pimpinan -_-.
Dulu pendiem, sekarang lebih aktif. Dulu mikirin pacaran, sekarang mikirin pelajaran -____- bohong deng.
Pokoknya banyak perubahan yang disadarin dan gak disadarin. Gue cuma ngasih contoh kecil dari diri gue sendiri.

lets see teenager universal problems.
Ada 1 hal dari remaja yang gue perhatikan.
''lo berubah, gue kangen lo yang dulu!'' pernah liat kan yang intinya begini? Banyak kok di twitter sama status fb. Kayaknya tentang ini, Gue pernah nyinggung dikit ntah di posting yang mana.
jadi menurut gue banyak orang yang gak nerima perubahan orang yang pernah berharga dihidupnya.
Kangen masa-masa waktu mereka bersama. Kangen sikap yang diterima waktu sama-sama dulu. Gak usah jauh-jauh,
halo kalian yang pernah pacaran tapi udah putus :)
Halo juga yang masih berharap balikan tapi gak kesampean:)
Halo juga yang berharap bisa mengulang waktu :)
Yah halo semua :).

Biasanya sih yang diatas yang masih sulit nerima perubahan orang yang berharga untuknya. Kecuali yang terakhir -_-. ''halo semua :)'' itu sapaan buat kalian :).
Contoh diatas itu mungkin lagi kangen masa diperhatiin, masa-masa dimanjain dan lain-lain tapi sekarang orang yang memperhatikan dan memanjakan mereka udah berubah. Udah gak begitu lagi.
penyebabnya? Putus, lost contact, kangen deh.
Wajarkah? Wajar kok. Dulu gue juga begitu. Ini wajar karna saat mereka berubah, saat itu rasanya kita kehilangan sosok mereka. Sedih? Sedihlah. Kangen? Ya kangen.
Berharap mereka balik kayak dulu lagi. Perubahan dari seseorang yang sulit buat diterima. Lama-lama yang ada malah ilfeel, benci, nyesel, dan lain-lain.
Kalau kita nggak bisa menerima perubahan seseorang, perubahan itu akan ngerubah diri kita sendiri. Biasanya malah jadi negatif. Hati-hati.. perubahan negatif itu susah buat disadarin. Apalagi dihilangkan.
Mungkin ada orang yang menginginkan kita tetap seperti dulu, tetap seperti waktu sama-sama mereka. Enak gak sih? Enak dong, berarti ada yang kangen. Tapi
tetep aja sulit buat nahan perubahan itu.

tapi kalau kita nerima perubahan mereka apa adanya, sekali pun perubahan mereka ngebuat kita saling jauh, perubahan itu malah akan ngebuat kita jadi positif.
Kita menerima mereka sebagai diri mereka sendiri. Gak mengekang mereka untuk berubah, gak egois untuk selalu meminta mereka jadi apa yang kita inginkan.
Dan dengan begitu, kita mendapat pelajaran baru.. tentang keikhlasan.
Ikhlas menerima perubahan mereka. kalau perubahan mereka jadi baik ya alhamdulillah.
Kalau mereka jadi lebih buruk, bersyukur kalian pernah bersama mereka di waktu yang baik dan ikhlas menerima mereka sebagai diri mereka sendiri sekarang.

''lo berubah.. tapi selama itu adalah diri lo sendiri, buat gue itu cukup''

Oke jadi posting gue ini intinya: jangan menahan perubahan seseorang untuk jadi diri mereka sendiri.
Kalau mereka emang berubah gak sesuai yang kita mau, terus kenapa?
Terima aja perubahan mereka.

Yah kurang lebih begitu. Oiya, perubahan seseorang kalau jadi buruk banget jangan didiemin juga, diarahkan jadi lebih baik. Bukan ditahan.
Tapi pasti ada yang pro dan kontra dengan ini. Wajar? Wajarlah. Lagipula ini menunjukan polapikir gue yang sekarang. Pola pikir kedepannya mungkin beda lagi.

jadi ''everybody changes, so what?''

who am i?

unspeakably cool, undescribeably awesome, capriciously ardent. X-laws 01, X-leader. call me lord Aryon!